Selasa 26 Apr 2022 14:19 WIB

Wajib Punya! 3 Aplikasi Peta Pemantau Jalur dan Arus Mudik

Aplikasi peta bisa mempermudah perjalanan mudik..

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Maps
Foto: Pexels
Google Maps

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri tidak terasa tinggal menghitung hari. Tahun ini, Presiden Joko Widodo mengizinkan mudik kembali digelar. Keputusan tersebut sangat dinantikan setelah dua tahun mudik tidak diizinkan karena tingginya kasus Covid-19.

Sebelum Anda mudik, pastikan Anda sudah menyiapkan dengan matang, termasuk sejumlah aplikasi yang akan membantu selama perjalanan Anda, seperti aplikasi pemantau jalur dan arus mudik. Berikut tiga aplikasi peta yang bisa Anda coba berikut ini:

Baca Juga

1.Google Maps

Salah satu aplikasi peta dan navigasi yang banyak digunakan dan diunggah adalah Google Maps. Tidak hanya menunjukkan rute, Google Maps juga dapat memperlihatkan kondisi lalu lintas.

Ada tiga warna yang akan muncul di peta, yaitu hijau, kuning, dan merah. Setiap warna mewakili kondisi lalu lintas yang berbeda.

Warna hijau menunjukkan kondisi lalu lintas lancar, tidak ada kemacetan. Sementara warna kuning menunjukkan kondisi lalu lintas yang cukup padat tetapi masih ada jarak antar kendaraan dan warna merah menunjukkan kondisi lalu lintas macet.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan Anda sudah mengunggah Google Maps. Setelah diunduh, buka aplikasi dan ketuk ikon persegi yang terletak di ujung kanan atas. Kemudian pilih opsi “Lalu lintas.” Selain itu, Google Maps juga menghadirkan informasi lain, seperti restoran terdekat, hotel, dan SPBU.

2.Waze

Selain Google Maps, Anda bisa menggunakan aplikasi Waze untuk mencari rute dan melihat kondisi lalu lintas. Di Waze, kondisi lalu lintas diwakili dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan abu-abu. 

Warna merah berarti lalu lintas macet, warna kuning menunjukkan jalan padat, dan warna abu-abu menandakan kondisi lalu lintas lancar. Waze juga menawarkan informasi SPBU, restoran, dan biaya tol. Aplikasi Waze tersedia di Google Playstore dan Appstore.

3.Travoy

Berbeda dengan dua aplikasi di atas, Travoy milik PT Jasa Marga Tbk hanya menawarkan fitur peta pada ruas jalan tol yang tidak dilengkapi navigasi. Namun, yang menjadi keunggulannya adalah Travoy menghadirkan kondisi secara langsung pada ruas jalan tol dari CCTV yang terpasang di sejumlah titik. Untuk melihatnya, Anda bisa memilih opsi Map yang terletak di ujung bawah sebelah kanan.

Kemudian, Anda memilih ikon CCTV di ruas tol yang diinginkan. Selain itu, Travoy juga menghadirkan informasi berupa rest area dan tarif tol mulai dari Golongan I hingga Golongan V. Travoy tersedia di Appstore dan Google Playstore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement