Selasa 26 Apr 2022 23:25 WIB

Laporan Sebut Militer Kanada Penuh dengan Ekstrimisme

Militer Kanada penuh ekstrimisme, rasisme terang-terangan, termasuk Islamofobia

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Islamofobia
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA - Sebuah laporan menyebut militer Kanada penuh dengan ekstremis sayap kanan termasuk supremasi kulit putih dan Neo Nazi hingga Islamofobia. Masalah itu pun terus berkembang termasuk adanya rasisme.

Laporan yang dirilis Senin (25/4/2022) waktu setempat ditulis oleh empat anggota Dewan Penasehat Menteri. Setelah 17 bulan  pembuatannya, laporan dirilis oleh Menteri Pertahanan Anita Anand dan menemukan rasisme terang-terangan, termasuk Islamofobia.

Laporan memuat 13 rekomendasi yang dirancang untuk membasmi rasisme dan ekstremisme di militer Kanada. Menurut rilis pemerintah tertanggal Maret 2020, militer Kanada memiliki sekitar 68 ribu tentara reguler, 27 ribu tentara cadangan dan 5.200 anggota Kelompok Patroli Ranger.

"Panel telah mendesak kami untuk mempertimbangkan rekomendasi mereka dengan tekad dan urgensi, dan itulah yang akan kami lakukan saat kami melanjutkan misi kami untuk membawa perubahan budaya yang diperlukan di Angkatan Bersenjata Kanada dan Departemen Pertahanan Nasional," kata Anand dalam sebuah pernyataan seperti dikutip laman Anadolu Agency, Selasa (26/4/2022).

Laporan tersebut mengatakan penyalahgunaan kekuasaan dengan menolak perekrutan dan merusak reputasi militer Kanada. Selama beberapa tahun terakhir, sekitar selusin personel pria berpangkat tinggi telah diselidiki karena penyalahgunaan kekuasaan, yang dalam beberapa kasus, membentuk aliansi seksual dengan wanita berpangkat rendah.

Namun terdapat kekuatan lain yang berperan. Mereka memiliki sejarah panjang dan bermasalah dalam militer yang membentang beberapa dekade.

"Selain pelanggaran seksual dan kekerasan dalam rumah tangga, kejahatan kebencian, perilaku ekstremis, dan afiliasi dengan kelompok supremasi kulit putih tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan di Kanada dan Tim Pertahanannya," kata laporan itu. "Ini menjadi semakin rahasia, dan kemajuan teknologi seperti Darknet dan metode enkripsi menimbulkan tantangan signifikan dalam mendeteksi anggota ini."

Dikutip dalam laporan itu adalah kejahatan 1993 di mana anggota neo-Nazi dari Canadian Airborne menyiksa dan membunuh seorang remaja Somalia selama apa yang seharusnya menjadi penyebaran kemanusiaan. Penyelidikan publik atas perselingkuhan itu menemukan swastika Nazi, Ku Klux Klan dan bendera Konfederasi di sebuah pangkalan militer Ontario sebelum pasukan dikerahkan. Setelah penyelidikan publik, resimen Lintas Udara dibubarkan.

Laporan itu juga menemukan rasisme anti-Pribumi dan Hitam yang merajalela, Islamofobia, dan anti-Semitisme. Laporan tersebut mencatat bahwa terlepas dari pengetahuan tentang masalah yang ada, personel militer tinggi telah gagal untuk membuat perubahan dan belum membersihkan ekstremis atau membawa mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran seksual ke tugas.

"Kehadiran mereka juga mengancam kepercayaan penduduk Kanada di Tim Pertahanan, namun pendeteksian kantong atau individu ekstremis masih sangat tertutup dan tidak efisien," kata laporan itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ نُهُوْا عَنِ النَّجْوٰى ثُمَّ يَعُوْدُوْنَ لِمَا نُهُوْا عَنْهُ وَيَتَنٰجَوْنَ بِالْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَمَعْصِيَتِ الرَّسُوْلِۖ وَاِذَا جَاۤءُوْكَ حَيَّوْكَ بِمَا لَمْ يُحَيِّكَ بِهِ اللّٰهُ ۙوَيَقُوْلُوْنَ فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ لَوْلَا يُعَذِّبُنَا اللّٰهُ بِمَا نَقُوْلُۗ حَسْبُهُمْ جَهَنَّمُۚ يَصْلَوْنَهَاۚ فَبِئْسَ الْمَصِيْرُ
Tidakkah engkau perhatikan orang-orang yang telah dilarang mengadakan pembicaraan rahasia, kemudian mereka kembali (mengerjakan) larangan itu dan mereka mengadakan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Dan apabila mereka datang kepadamu (Muhammad), mereka mengucapkan salam dengan cara yang bukan seperti yang ditentukan Allah untukmu. Dan mereka mengatakan pada diri mereka sendiri, “Mengapa Allah tidak menyiksa kita atas apa yang kita katakan itu?” Cukuplah bagi mereka neraka Jahanam yang akan mereka masuki. Maka neraka itu seburuk-buruk tempat kembali.

(QS. Al-Mujadalah ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement