Selasa 26 Apr 2022 22:30 WIB

UNHCR Perkirakan 8,3 Juta Orang akan Tinggalkan Ukraina Tahun ini

UNHCR perkirakan akan ada sekitar 8,3 juta orang meninggalkan Ukraina pada tahun ini.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Relawan membantu seorang pengungsi di kursi roda setelah melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina, di perbatasan di Medyka, Polandia tenggara, Rabu, 6 April 2022.
Foto: AP/Sergei Grits
Relawan membantu seorang pengungsi di kursi roda setelah melarikan diri dari perang dari negara tetangga Ukraina, di perbatasan di Medyka, Polandia tenggara, Rabu, 6 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Badan pengungsi PBB (UNHCR) memperkirakan akan ada sekitar 8,3 juta orang meninggalkan Ukraina pada tahun ini. Juru bicara UNHCR mengatakan, angka itu merupakan revisi dari proyeksi sebelumnya.

Dalam konferensi pers di PBB, Selasa (26/4/2022) juru bicara UNHCR Shabia Manto mengatakan, dalam 12 bulan terakhir lebih dari 12,7 juta orang Ukraina mengungsi dari rumah mereka. Termasuk 7,7 juta orang yang terpaksa mengungsi di dalam negeri dan 5 juta lain yang melarikan diri ke luar perbatasan.

Sebelumnya, UNHCR memperkirakan invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu akan mendorong empat juta orang mengungsi ke luar negeri. Tapi proyeksi itu sudah terlampaui pada bulan lalu.

"Skala krisisnya, kecepatan orang melarikan tidak pernah kami lihat sebelumnya," kata Mantoo.

Ia mengatakan, saat ini krisis pengungsi Suriah masih terbesar di dunia. Sekitar 6,8 juta orang terpaksa mengungsi.

Sementara CBS News melaporkan, Pemerintah AS mulai menerima pengajuan dari individu atau organisasi yang ingin membantu warga Ukraina yang mengungsi karena perang. Washington meluncurkan situs daring untuk sponsor-sponsor pengungsi.

Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) mengumumkan inisiatif sponsor swasta ini pada pekan lalu. Langkah ini, bagian dari upaya mengimplementasikan komitmen Presiden AS Joe Biden untuk menerima lebih dari 100 ribu pengungsi Ukraina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement