Selasa 03 May 2022 21:50 WIB

Enam Minuman untuk Mempercepat Penurunan Berat Badan

Apa yang Anda minum sangat penting jika mencoba menurunkan berat badan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Apa yang Anda minum sangat penting jika mencoba menurunkan berat badan. Ilustrasi.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Apa yang Anda minum sangat penting jika mencoba menurunkan berat badan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menurunkan berat badan belum tentu mudah dan seiring bertambahnya usia, itu menjadi lebih sulit.  Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan ada baiknya mulai sekarang lebih cermat melihat pilihan minuman.

Dilansir Eat This, apa yang Anda minum sangat penting jika mencoba menurunkan berat badan seiring bertambahnya usia. Minuman berpemanis dapat meningkatkan berat badan dan harus dihindari karena komposisi karbohidrat cairnya, yang tidak membuat Anda kenyang, membuat Anda mencari kalori ekstra saat makan nanti.

Baca Juga

Berikut enam minuman yang akan membantu mempercepat penurunan berat badan seiring bertambahnya usia:

1. Tambahkan buah seperti stroberi ke dalam air

Stroberi dapat menambah rasa manis dan rasa alami pada air sambil juga menambahkan serat, kalium, folat, dan antioksidan. Stroberi, baik segar maupun beku, adalah salah satu sumber vitamin C terbaik.

Satu porsi berisi sekitar delapan stroberi memiliki vitamin C sebanyak jeruk, yang merupakan semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari. Vitamin C membantu mendukung kolagen di kulit dan tulang sementara stroberi membantu membuat Anda merasa lebih puas daripada segelas air biasa.

2. Hindari minuman beralkohol

Hindari minuman beralkohol, terutama koktail yang dapat menambah kalori kosong tambahan. Jika Anda memikirkan satu porsi alkohol per hari, sekitar 100 kalori per porsi, maka Anda akan mendapatkan tambahan 700 kalori per minggu.

3. Minum teh herbal

Anda mendapatkan kredit air yang sama untuk minum teh herbal dan apakah itu disajikan panas atau dingin, itu cara yang lezat untuk mendapatkan cairan dalam makanan Anda.

4. Minuman protein shake

Satu studi menunjukkan bahwa penggantian diet total protein tinggi 35 persen karbohidrat, 40 persen protein, dan 25 persen lemak dapat mendukung kehilangan lemak dengan meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak.

5. Lewati jus untuk buah dan sayuran utuh

Buah dan sayuran dikemas dengan serat, nutrisi, dan antioksidan. Hal terbaik dari semuanya adalah rendah kalori. Membuat jus dapat menghilangkan serat yang membantu rasa kenyang.

CDC menyebut hanya 1 dari 10 orang dewasa yang makan cukup buah dan sayuran. Tanyakan pada diri sendiri, apakah setengah piring Anda buah dan sayuran? Anda harus mendapatkan 2 hingga 3 cangkir sayuran dan 1,5 hingga 2 cangkir buah per hari.

6. Minum susu rendah lemak

Tuangkan segelas susu rendah lemak untuk diri sendiri. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa peserta yang meningkatkan asupan makanan susu rendah lemak menjadi 4 sampai 5 porsi per hari melaporkan penurunan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement