Rabu 27 Apr 2022 16:09 WIB

Dubes Tiongkok Kunjungi Muhammadiyah, Bahas Pendidikan dan Dunia Islam

Dubes Tiongkok Kunjungi Muhammadiyah, Bahas Pendidikan dan Dunia Islam

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Dubes Tiongkok Kunjungi Muhammadiyah, Bahas Pendidikan dan Dunia Islam - Suara Muhammadiyah
Dubes Tiongkok Kunjungi Muhammadiyah, Bahas Pendidikan dan Dunia Islam - Suara Muhammadiyah

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia, Lu Kang berkunjung ke Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jakarta, (25/4/2022). Lu disambut langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas. Adapun Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir bersama Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni, Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto hadir melalui teleconference.

Menyambut Dubes Lu, Haedar Nashir menyampaikan apresiasi tinggi atas terjalinnya kerja sama dan hubungan yang baik antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok. Haedar berharap hubungan antara Muhammadiyah dengan Tiongkok juga semakin erat. Muhammadiyah sendiri tuturnya pernah berkunjung ke Beijing pada 2019.

Muhammadiyah berharap hubungan dalam bidang pendidikan semakin kuat antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan universitas di Tiongkok. Saat ini, ada banyak dosen perguruan tinggi Muhammadiyah yang sedang menempuh studi di China.

Haedar juga berharap umat muslim Tiongkok, termasuk suku Uyghur di Xinjiang terjamin dan mendapatkan kebebasan untuk menjalankan ibadah dan keyakinannya. Kebebasan menjalankan ibadah merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia setiap individu.

Muhammadiyah mengharap Tiongkok sebagai negara besar memainkan peran dalam perdamaian dunia. “Kami berharap Tiongkok sebagai negara besar dapat memainkan peran untuk perdamaian dunia termasuk memperjuangkan bangsa Palestina yang sampai saat ini mendapatkan perlakuan agresif dan negara-negara lain dalam hal ini bersifat ambigu dan berstandar ganda,” kata Haedar

Di saat yang sama, Tiongkok diharap memiliki kepedulian pada isu-isu dunia Islam, seperti Palestina. “Kami berharap Tiongkok sebagai negara besar dapat membela hak-hak bangsa Palestina sebagaimana bangsa lainnya,” imbuhnya.

Menjawab Haedar, Dubes Lu menyatakan bahwa Tiongkok memiliki komitmen besar terhadap dunia Islam. Tiongkok menurutnya aktif melakukan diplomasi di forum PBB dalam menyuarakan dunia Islam, termasuk soal umat Kashmir dan Palestina. “Tiongkok dan dunia muslim punya hubungan yang baik berdasarkan pada persamaan sejarah dan persamaan kepentingan untuk senantiasa terus bekerja bersama dan membangun pemahaman bersama,” ujarnya.

Terkait Uyghur, Dubes Lu menyatakan bahwa pemerintah Tiongkok sangat menghargai perbedaan dan keberagaman agama-agama dan semua suku di Tiongkok, meskipun dirinya menyayangkan banyak isu hoaxterkait hal itu yang dimunculkan oleh pihak lain akibat persaingan politik global.

Menurutnya, masjid-masjid semakin bertambah dan wilayah Xinjiang yang dulu miskin kini beranjak sejahtera. Populasi suku Uyghur pun bahkan meningkat 25 persen dalam empat tahun terakhir, melebihi suku mayoritas Tiongkok yaitu etnis Han. “Tiongkok punya ketulusan untuk membangun persahabatan dengan dunia muslim,” pungkas Dubes Lu. (ppmuh/ribas)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement