Rabu 27 Apr 2022 17:00 WIB

DMI Palu Fokus Kembangkan Fungsi Masjid untuk Makmurkan Umat

DMI Palu fokus mengembangkan fungsi masjidj untuk makmurkan umat.

Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengembangkan fungsi masjid untuk meningkatkan kemakmuran umat melalui program kerja organisasi tersebut."Sesuai dengan visi DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid maka program DMI Palu merupakan tindak lanjut dari visi tersebut yang berorientasi pada pembangunan kemakmuran masjid," ucap Ketua DMI Kota Palu Sirajuddin Ramlidi Palu, Rabu (27/4/2022).

Sirajuddin mengatakan pengembangan fungsi masjid yaitu menjadikan masjid sebagai pusat perubahan, yang di dalamnya mengandung fungsi pendidikan, sosial dan keagamaan dan fungsi ekonomi.Namun, ujar dia, untuk optimalisasi implementasi visi tersebut dibutuhkan kerja sama DMI dengan multipihak. Termasuk, sinergi DMI Kota Palu dengan PW DMI Sulteng.

Baca Juga

"DMI adalah organisasi besar dengan visi yang sangat besar. Kerja sama menjadi kata kunci untuk mewujudkan visi tersebut," ungkapnya.

Sekretaris Umum PW DMI Provinsi Sulteng Muchtar Ibnu Masud mengemukakan sinergi DMI tingkat provinsi dengan kabupaten/kota, menjadi hal penting untuk pengembangan fungsi masjid sebagai upaya memakmurkan dan dimakmurkan masjid.DMI, sebutnya, merupakan satu wadah yang di dalamnya terdiri dari berbagai komponen dan elemen masyarakat dengan latar belakang yang beragam, namun tujuannya satu yaitu mengabdi kepada umat.

"DMI membuka diri dan siap bekerja sama dengan siapapun dan elemen apapun, dalam rangka memakmurkan umat/masyarakat," kata Muchtar.

DMI Kota Palu telah menggelar musyawarah daerah pada Selasa malam (26/4), di Sekretariat PW DMI Sulteng. Dalam musyawarah itu, Sirajuddin Ramli ditetapkan sebagai Ketua DMI Kota Palu periode 2022 - 2027.Sirajudin Ramli merupakan salah satu perwira aktif yang saat ini bertugas di Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

AKBP Sirajudin Ramli pernah menjabat sebagai Kapolres Parigi Moutong."Saya telah menghadap kepada Kapolda Sulteng untuk memohon izin dan restu beliau, dan Alhamdulillah Bapak Kapolda memberikan restu kepada saya untuk menjadi pengurus DMI Kota Palu membantu Ketua PW DMI Sulteng Ahmad M Ali," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement