Makin Ramai, Buka Tutup Rest Area Tol Cipali Diberlakukan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Rabu 27 Apr 2022 23:15 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Memasuki H-5 lebaran 2022 arus mudik di jalan Tol Cipali terpantau Ramai. Foto: ANTARA/Dedhez Anggara Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Memasuki H-5 lebaran 2022 arus mudik di jalan Tol Cipali terpantau Ramai.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki H-5 Lebaran Idul Fitri 2022, lalu lintas di ruas tol Cipali, khususnya di GT Palimanan, terpantau ramai, Rabu (27/4). Pemberlakukan buka tutup rest area pun sempat diberlakukan.

General Manager Operation Astra Tol Cipali, Suyitno, menyebutkan, data jumlah kendaraan yang melintasi tol Cipali sepanjang Selasa (26/4) tercatat ada 79 ribu kendaraan. Sedangkan hingga Rabu (27/4) siang, data kendaraan yang tercatat di GT Palimanan sebanyak 22 ribu kendaraan.

Suyitno menjelaskan, mulai tadi pagi, terjadi peningkatan jumlah lalu lintas yang cukup signifikan. Sehingga tadi pagi sampai siang, kondisi lalu lintas padat dan menyebabkan ada pelambatan-pelambatan di rest area yang ada di Tol Cipali.

"Pemberlakukan buka tutup rest area mulai dilakukan pada Rabu (27/4) pagi atas diskresi kepolisian," tutur Suyitno, Rabu (27/4).

Hal itu dilakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB – 12.30 WIB di rest area KM 86 arah Palimanan. Namun saat ini, kondisi lalu lintas sudah kembali normal.

Selain buka tutup rest area, lanjut Suyitno, atas diskresi kepolisian pukul 13.30 WIB juga telah diberlakukan contraflow mulai dari KM 129 hingga KM 132 arah Palimanan. Contraflow atas diskresi kepolisian diberlakukan mulai dari lokasi putar balik yang berdekatan dengan rest area KM 86, KM 102, KM 130 dan KM 166 arah Palimanan.

Suyitno mengungkapkan, Astra Tol Cipali memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Pihaknya pun mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan jaga jarak aman dalam berkendara. Apalagi, tol Cipali pun sempat diguyur hujan.

"Kecepatan kendaraan (saat hujan) maksimal 70 km per jam. Dan bila pengguna kendaraan merasa capek, silakan istrirahat,’’ tukas Suyitno.

Terpopuler