Senin 02 May 2022 17:08 WIB

Capaian Vaksinasi Dosis Lengkap Terendah, Lima Provinsi Disorot Satgas

Papua menjadi provinsi terendah cakupan dosis lengkap vaksinasinya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.
Foto: Satgas Covid-19.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyoroti provinsi-provinsi yang capaian vaksinasi dosis lengkapnya terendah. Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, terdapat lima provinsi dengan capaian vaksinasi dosis lengkap terendah yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara.

Satgas mencatat Provinsi Papua cakupan vaksin dosis lengkapnya sebesar 24,6 persen, kemudian Papua Barat sebesar 44,1 persen, Maluku sebesar 44,6 persen, Sulawesi Barat sebesar 52,5 persen, dan Maluku Utara sebesar 51,5 persen.

Baca Juga

“Penting untuk diketahui, kekebalan komunitas yang ditimbulkan oleh vaksin dapat melindungi wilayah lainnya,” ujar Wiku saat konferensi pers, dikutip pada Kamis (28/4/2022).

Wiku menjelaskan, semakin tinggi kekebalan komunitas pada suatu wilayah, maka akan semakin kecil pula potensi penularan pada wilayah tersebut. Sehingga potensi penularan dari masyarakat yang menetap pada wilayah tersebut dan bepergian ke wilayah lain akan menjadi semakin kecil pula.

“Dengan demikian, semakin merata kekebalan komunitas pasca vaksinasi pada seluruh provinsi, maka akan semakin optimal pula kekebalan komunitas pada tingkat nasional,” kata Wiku.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement