Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Am

Contoh Menu Diet Dash Yang Benar Sesuai Jurnal Pangan

Eduaksi | Wednesday, 27 Apr 2022, 21:15 WIB

Bagi para penderita hipertensi hingga gagal jantung, biasanya akan melakukan berbagai cara agak bisa sembuh. Dari mulai pengobatan kimia, merubah pola hidup menjadi lebih sehat, hingga mengatur pola makan harus dilakukan.

Nah salah satu pola makan yang popular untuk dilakukan oleh para penderita ini adalah melakukan diet Dash. Lah, apa itu diet Dash ? Terus Menu diet Dash kayak gimana sih ? Enak tidak yah ? Ok mari kita bahas semua.

Pengertian Diet Dash

DASH merupakan kepanjangan dari Dietary Approach to Stop Hypertension. Berdasarkan Jurnal Pangan yang telah diterbitkan pada tahun 2021, Diet Dash berarti diet yang mengatur Pola makan agar mendukung konsumsi kalium tinggi tetapi membatasi garam, asam lemak tersaturasi, dan lemak total (Rifai & Silver).

Nah tujuan dari adanya diet ini adalah untuk mencegah lonjakan tekanan darah, sehingga dapat membantu mengatasi hipertensi atau pun penyakit gagal jantung.

Sesuai dengan jurnal pangan yang telah diterbitkan diatas, dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Diet Dash terbukti ampuh mengurangi masalah terhadap kardiovaskular yang menyebabkan berbagai macam penyakit jantung.

Contoh Menu Diet Dash

1. Menu Sarapan : 1 bagel gandum utuh dengan tambahan 2 sdm selai kacang (ingat tanpa garam yah). Sedangkan untuk minuman bisa 1 jeruk sedang, satu cangkir susu tanpa lemak(optional), dan kopi tanpa kafein(optional).

2. Menu Makan Siang : Salad bayam segar dan 1 buah Pir. Untuk minuman bisa 1/2 cangkir jeruk mandarin kalengan, 1/2 cangkir irisan almond, dan 2 sdm vinaigrette anggur merah. Bisa juga ditambah secangkir susu bebas lemak.

3. Makan Malam : 1/2 cangkir pilaf beras merah + sayuran, 1 gulung adonan asam kecil, Ikan cod panggang, 1/2 cangkir kacang hijau segar kukus, 2 sdt minyak zaitun. Sedang untuk minuman bisa berupa secangkir beri segar + daun mint, atau bisa juga es teh herbal.

Nah itulah contoh menu diet Dash yang bisa Anda coba. Terkait apakah menjalani ini terasa enak atau tidak. Itu kembali lagi ke diri Anda sendiri. Jika Anda menjalani ini dengan niat untuk kesembuhan, pasti rasanya akan enak dan semangat.

Yang terpenting adalah saat awal awal mencoba, meski agak berat karena belum terbiasa, tahanlah demi kesembuhan. Karena sakit itu tidak enak.

Selain contoh menu diet dash di atas, Anda juga bisa mencoba konsultasi ke dokter demi bisa mendapatkan contoh menu lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image