Kamis 28 Apr 2022 08:20 WIB

Trik Hadapi Pelanggan Rewel Ala Mahasiswa Universitas BSI

Tutur kata dalam menjelaskan harus benar-benar sampai ke konsumen

Red: Gita Amanda
Mila Rosanah merupakan salah satu mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), ia memulai usahanya sejak tahun 2010.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Mila Rosanah merupakan salah satu mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), ia memulai usahanya sejak tahun 2010.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Setiap orang yang mau berusaha pasti akan menemukan kesuksesan. Seperti kisah insipratif tentang kegigihan yang datang dari seorang gadis bernama Mila Rosanah yang kini sukses menjadi wirausahawan muda.

Tak disangka, berawal dari keisengan membantu mempromosikan jualan sang ayah, kini Mila sapaan akrabnya, sudah memiliki penghasilan sendiri dengan berjualan online.

Baca Juga

Mila merupakan salah satu mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), ia memulai usahanya sejak tahun 2010. Usahanya ini dimulai ketika ia bantu memasarkan mi ayam jualan ayahnya melalui Whatsapp.

“Memulai menjadi pedagang mi ayam itu, berawal dari ayah saya sendiri yang merupakan penjual mi ayam sejak saya duduk di bangku sekolah dasar hingga sekarang. Sebagai anaknya, saya belajar untuk bisa menjadi seperti ayah, bisa dalam artian, meneruskan usaha ayah saya,” ujar Mila dalam rilis yang diterima, pada Kamis (28/4/2022).

Selain meneruskan usaha Ayahnya, ia juga memberanikan diri mulai memasarkan produk lain di bidang skincare dan fashion. Mila mengatakan, lewat toko online miliknya itu, menjual berbagai macam keperluan fashion remaja dan ibu-ibu. Ia juga mengaku, menjual berbagai macam produk skincare sesuai permintaan pelanggan.

“Omzet yang didapatkan dari berjualan online, lumayan untuk membantu meringankan pengeluaran orang tua. Jika dihitung seluruh omzet yang di dapat sekali open order itu minimal ratusan ribu rupiah,” pungkasnya.

Setiap ingin mulai menjalankan usaha, Mila juga sempat mendapatkan kendala. Kendala besar baginya adalah menghadapi konsumen yang super rewel, tidak sabaran. Akan tetapi ia memiliki trik dalam menghadapinya.

“Tentunya sebagai penjual harus memiliki kesabaran yang lebih, dan etika yang baik. Jadi dalam menjelaskan atau menghadapi konsumen yang seperti itu, tutur kata dalam menjelaskan harus benar-benar sampai ke konsumen, tidak menyakiti konsumen dan tidak memberikan kesan negatif,” katanya.

Mila berpesan kepada generasi muda, untuk tidak ragu mencoba, yang terpenting adalah mencoba untuk melakukan hal-hal baik.

“Jangan malu menjadi seorang pedagang, karena tidak semua orang memiliki keahlian menjadi seorang pedagang. Tentunya kamu seorang wirausaha harus bangga dengan diri kamu sendiri,” ungkapnya.

Ia mengatakan, menjadi seorang wirausahawan itu tidak sulit, yang terpenting jangan ragu maupun takut mencoba. Jangan takut rugi, karena rugi atau untung dalam kehidupan akan selalu ada, bukan hanya seorang wirausaha. Seorang wirausaha harus percaya diri, optimistis, serta sabar.

Sementara itu, koordinator BEC Universitas BSI kampus Tegal, Angga Ardiansyah turut bangga atas pencapaian yang diperoleh Mila. “Kami sangat mendukung mahasiswa untuk menggeluti usahanya sampai menjadi pengusaha sukses. Harapannya mahasiswa dapat sukses berwirausaha tanpa melupakan tanggung jawabnya untuk belajar sebagai mahasiswa,” tandas Angga.

kata kunci: wirausaha muda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement