Pekanbaru Izinkan Takbir Keliling Malam Idul Fitri

Red: Ani Nursalikah

Kamis 28 Apr 2022 13:39 WIB

Warga melakukan takbir keliling. Ilustrasi. Pekanbaru Izinkan Takbir Keliling Malam Idul Fitri Foto: Republika/Thoudy Badai Warga melakukan takbir keliling. Ilustrasi. Pekanbaru Izinkan Takbir Keliling Malam Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru pada tahun ini mengizinkan pelaksanaan pawai malam takbiran dalam menyambut Idul Fitri 1443 Hijriyah mengingat kasus pandemi Covid-19 sudah melandai.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT mengatakan Pemko Pekanbaru akan menggelar takbiran mulai dari masjid paripurna tingkat kota hingga kelurahan. "Pawai takbir digelar terakhir kali pada 2019. Nanti takbiran dipusatkan di masjid paripurna kecamatan dan para camat yang memimpin takbiran tersebut, tapi masyarakat juga melakukan secara keliling dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga

Dua tahun sudah berlalu masa pandemi Covid-19 takbiran keliling ditiadakan, kini menyambut Idul Fitri 1443 H Pemerintah Kota Pekanbaru mengizinkan warga melaksanakannya keliling di lingkungan masing-masing. Takbiran tahun ini juga digelar di masjid paripurna kota yaitu di Masjid Agung Ar Rahman (Jalan Jenderal Sudirman) dan Masjid Al Firdaus (Kompleks Perkantoran Tenayan Raya).

Para lurah juga diminta memberikan dukungan di masjid paripurna kelurahan. "Masyarakat juga dapat meramaikan masjid untuk takbiran. Kami juga mengizinkan pawai obor keliling kampung di malam takbiran. Pawai obor cukup dengan berjalan kaki," kata Firdaus.

Namun demikian, ia tetap mengimbau dalam pelaksanaan masyarakat tidak lupa disiplin pada protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. "Semoga Idul Fitri kali ini masyarakat bisa merayakan dalam ketenangan dan jauh dari pandemi Covid-19," tukasnya.