Pasar Beringharjo Yogyakarta Kembali Buka Sampai Malam Saat Lebaran

Red: Reiny Dwinanda

Kamis 28 Apr 2022 19:16 WIB

Pengunjung memadati los pakaian Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Ahad (17/4/2022). Menyambut libur Lebaran, Pasar Beringharjo akan buka hingga pukul 21.00 WIB mulai 4 Mei 2022. Foto: Wihdan Hidayat / Republika Pengunjung memadati los pakaian Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Ahad (17/4/2022). Menyambut libur Lebaran, Pasar Beringharjo akan buka hingga pukul 21.00 WIB mulai 4 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pasar tradisional terbesar di Kota Yogyakarta, Pasar Beringharjo, akan kembali beroperasi hingga malam hari saat libur Lebaran. Hal itu ditujukan untuk memberikan keleluasaan waktu bagi wisatawan yang datang untuk berbelanja oleh-oleh.

"Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo akan kembali buka sampai malam hari hingga pukul 21.00 WIB," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga

Menurut Yunianto, kebijakan tersebut diambil setelah mempertimbangkan berbagai kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Kota Yogyakarta. Salah satunya kasus aktif yang semakin turun dan tingginya animo masyarakat berbelanja di Pasar Beringharjo.

Selain itu, menurut Yunianto, Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta juga mempertimbangkan usulan dari pedagang, khususnya di Beringharjo sisi barat. Pusat bisnis juga berharap diizinkan untuk kembali buka sampai malam hari saat libur Lebaran.

"Menjelang Lebaran, jumlah pengunjung di Pasar Beringharjo mengalami kenaikan hingga 100 persen," kata Yunianto.

Dengan jam buka yang semakin panjang, Yunianto berharap, wisatawan yang tidak sempat berkunjung saat siang hari, masih memiliki kesempatan untuk berbelanja oleh-oleh saat malam hari. Selain itu, dengan jam buka yang panjang maka pengunjung tidak terkonsentrasi di waktu-waktu tertentu saja yang mengakibatkan kepadatan di dalam pasar.

"Pengunjung bisa memilih waktu lebih leluasa sehingga protokol kesehatan juga tetap jalan," katanya.

Terpopuler