Jumat 29 Apr 2022 22:05 WIB

Dibekap Eintracht Frankfurt, The Hammers Sudah Alihkan Fokus ke Arsenal

West Ham Vs Arsenal penting dalam perebutan posisi empat besar.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer West Ham David Moyes berteriak kepada para pemain selama pertandingan sepak bola perempat final leg pertama Liga Europa antara West Ham United dan Olympique Lyonnais di stadion London di London Kamis, 7 April 2022. (
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Manajer West Ham David Moyes berteriak kepada para pemain selama pertandingan sepak bola perempat final leg pertama Liga Europa antara West Ham United dan Olympique Lyonnais di stadion London di London Kamis, 7 April 2022. (

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih West Ham United, David Moyes, memastikan anak-anak asuhnya sudah beranjak dari kekecewaan usai dibekap Eintracht Frankfurt, 1-2, di leg pertama babak semifinal Liga Konferensi UEFA, Jumat (29/4/2022) dini hari WIB. The Hammers pun siap menjawab tantangan selanjutnya, yaitu saat menjamu Arsenal, Ahad (1/5/2022) malam WIB.

Duel antara dua klub asal London itu akan tersaji pada pekan ke-35 Liga Primer Inggris. Laga ini dapat menjadi kesempatan The Hammers kembali ke jalur kemenangan usai tidak pernah menang di tiga laga terakhir di semua ajang, termasuk saat dibekap Frankfurt, 1-2.

Baca Juga

Secara khusus, The Hammers bahkan tercatat tidak pernah menang di tiga partai terakhir di pentas Liga Primer Inggris dengan torehan dua kekalahan dan satu hasil imbang. Moyes pun menegaskan tekad The Hammers untuk bisa bangkit dengan mengalihkan fokus sepenuhnya ke laga kandang kontra Arsenal.

''Kekalahan di laga terakhir tentu mengecewakan. Namun, kami sudah beranjak dari kekecewaan itu dan fokus di laga selanjutnya. Kami sudah siap menghadapi Arsenal,'' ujar Moyes seperti dikutip BBC, Jumat (29/4/2022).

Tambahan tiga angka di laga ini juga memiliki arti penting dalam upaya The Hammers finish di zona kompetisi Eropa di klasemen Liga Primer Inggris. Berada di peringkat ketujuh, West Ham mengoleksi 52 poin dari 34 laga. Klub asal London Timur itu hanya terpaut dua poin dari Manchester United, yang duduk di peringkat keenam atau posisi terakhir untuk bisa tampil di babak kualifikasi Liga Europa.

Pada musim lalu, The Hammers berhasil finis di peringkat keenam. Setidaknya Declan Rice dan kawan-kawan bisa kembali mengulangi capaian tersebut pada musim ini. ''Kini, kami bisa bersaing di posisi tersebut dalam dua tahun terakhir. Kami begitu menikmati kesempatan tampil di kompetisi Eropa. Capaian itu mengangkat moral tim secara keseluruhan,'' kata mantan pelatih Manchester United tersebut.

Satu-satunya kekhawatiran yang muncul dalam persiapan The Hammers menghadapi The Gunners adalah potensi kelelahan yang dialami pemain. Maklum, klub yang bermarkas di Stadion London itu hanya memiliki waktu kurang dari tiga hari untuk memulihkan kondisi fisik para pemain.

Namun, Moyes menepis kekhawatiran itu. Mantan pelatih Everton itu justru menyebut, persiapan timnya malah terbantu dengan penampilan pada laga tengah pekan, terutama soal menjaga antusiasme dan semangat para pemain. Karena itu, meski mengakui Arsenal memiliki sedikit keuntungan lantaran tidak tampil pada laga tengah pekan, pelatih asal Skotlandia itu yakin, anak-anak asuhnya bisa mengimbangi permainan The Gunners. 

''Hal itu justru menjadi aspek menyenangkan tampil di kompetisi Eropa, apalagi saat memasuki fase-fase akhir. Kami bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik,'' ujar Moyes.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement