Makna Mudik dan Silaturahmi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 29 Apr 2022 22:35 WIB

Makna Mudik dan Silaturahmi. Foto:   Ilustrasi mudik Foto: republika/mgrol100 Makna Mudik dan Silaturahmi. Foto: Ilustrasi mudik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Mudik telah menjadi tradisi dalam perayaan Idul Fitri khususnya di Indonesia. Kendati mudik merupakan tradisi, namun menurut KH. Asrorun Ni'am Sholeh, mudik memiliki dimensi keagamaan yang sangat kuat. Kiai Ni'am yang juga menjabat sebagai ketua Komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjelaskan banyak aktivitas sosial kemasyarakatan yang diinspirasi dan dijiwai oleh spirit keagamaan. Salah satunya adalah aktivitas mudik.

"Aktivis mudik mampu menggerakan puluhan juta orang bergerak dari satu titik ke titik lain itu salah satunya motivasi keagamaan untuk kepentingan silaturahim. Dan di dalam Islam silaturahmi itu memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Bahkan menjadi salah satu penanda seseorang sempurna atau tidak sempurna keimanannya kepada Allah dan hari akhir," kata kiai Ni'am dalam tausiyahnya pasca sholat tarawih di Masjid Al Azhar Jakarta yang juga disiarkan virtual.

Baca Juga

Sebagaimana dalam sebuah hadits :

مَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أوْ لِيَصْمُتْ

Artinya: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia berkata baik atau diam" (HR Bukhari).

Kiai Ni'am menjelaskan huruf lam dalam hadits tersebut merupakan lam amri. Sehingga ketentuan silaturahmi itu wajib dalam islam dan memiliki kedudukan yang sangat tinggi. 

Menurut kiai Ni'am silaturahim yang memiliki kedudukan yang sangat tinggi itu bukan membalas kunjungan terhadap orang yang sudah berbuat baik dan juga yang sudah menyambung tali kekerabatan. Orang-orang yang sudah terjalin hubungan dengan bak tinggal memperkokoh dan mempererat. 

Menurut kiai Ni'am silaturahim yang memiliki kedudukan yang tinggi adalah yang menyambung dengan orang yang memutus silaturahmi. Sebab menurut kiai Niam dibutuhkan kelapangan hati dalam menyambung silaturahmi dengan orang yang telah memutusnya. 

"kewajiban ktia adalah menyambung orang yang memutus. Hakikat silaturahim adalah engkau menyambung terhadap orang yang memutus tali persahabatan tali persaudaraan," katanya.