Jumat 29 Apr 2022 23:44 WIB

Jamaah Shalat Id di JIS Boleh Parkir di Ancol

Pengunjung bisa membeli tiket, parkir dulu untuk Shalat Id lalu bisa rekreasi.

Red: Andi Nur Aminah
Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Kawasan Papanggo, Tangjung Priuk, Jakarta Utara (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Kawasan Papanggo, Tangjung Priuk, Jakarta Utara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajemen Taman Impian Jaya Ancol membolehkan pengunjung parkir di tempatnya untuk kemudian menjalankan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium, Tanjung Priok, Jakarta Utara. "Nanti pengunjung bisa membeli tiket, parkir dulu untuk Shalat Id. Setelah itu, mereka bisa kembali lagi untuk melakukan rekreasi," kata Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Budi Aryanto kepada wartawan usai konferensi pers "Raya Gembira Bersama Ancol" di Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (29/4/2022).

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol mengoperasikan empat pintu gerbang yaitu Pintu Gerbang Timur, Pintu Gerbang Barat, Pintu Gerbang TransJakarta, dan Pintu Gerbang Marina, serta membuka pintu gerbang tambahan yaitu Pintu Gerbang Selatan. Budi mengatakan akan mendukung acara Shalat Id di JIS dengan menjadikan kawasan rekreasi itu sebagai salah satu kantong parkir yang tersedia apabila kebutuhan parkir di JIS melebihi kuota yang disediakan.

Baca Juga

Ia menambahkan fasilitas itu disediakan khusus untuk pengunjung yang datang pagi dan karyawan Taman Impian Jaya Ancol saja. Berbagai acara spesial akan berlangsung di Ancol selama pekan lebaran dari tanggal 2 hingga 16 Mei 2022 mendatang. Acara tersebut tersebar di semua unit rekreasi di Ancol, baik di taman dan pantai, Dunia Fantasi, Sea World, Ocean Dream Samudra, Atlantis, dan Putri Duyung Resort dan Restoran.

Semua kendaraan yang masuk akan diarahkan untuk mengisi kantong parkir dengan kapasitas total 7.000 untuk mobil dan 11 ribu untuk motor. Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan, bisa memanfaatkan fasilitas transportasi gratis yaitu Bus Wara-Wiri dan Kereta Wisata Sato-Sato. Terdapat 10 unit bus dan empat rangkaian kereta yang siap mengantar pengunjung ke tujuan rekreasi yang diinginkan. Budi mengatakan kurang lebih ada tujuh kantong parkir kendaraan di dalam Ancol. "Mulai dari Pantai Festival A, B, C, Pantai Indah, Ecopark, Ecovention, Dufan baru dan Dufan lama, Masjid Gondola, parkiran Atlantis, hingga parkiran timur di Pantai Symphony of The Sea," kata Budi.

Selain itu, Ancol juga nanti akan menerapkan parkir on the street atau parkir di bahu jalan, yang diperkirakan dapat menampung hingga 2.900 kendaraan. Sebagai informasi, pada periode 2 - 8 Mei, Dunia Fantasi (Dufan) akan membuka pelayanan lebih lama yaitu mulai pukul 10.00 - 19.00 WIB agar pengunjung bisa menikmati 29 wahana yang beroperasi selama pekan lebaran. 

Selain itu, Dufan juga menghadirkan sebuah wahana baru hasil kolaborasi dengan ilusionis 'The Sacred Riana' yang diberi nama Rumah Riana. Di Sea World, Ancol juga akan menampilkan pertunjukan khusus bertajuk Santri Divers atau Santri-Santri Penyelam di akuarium utama selama pekan lebaran. Kemudian acara Meet and Greet Sharky and friends serta festival kuliner. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement