Sabtu 30 Apr 2022 05:33 WIB

Kolaborasi WIR Group dan Pemprov DKI Kembangkan Metaverse Jakarta

Kolaborasi WIR Group dan Pemprov DKI Kembangkan Metaverse Jakarta

Rep: Vina Anggita (swa.co.id)/ Red: Vina Anggita (swa.co.id)
Kolaborasi WIR Group dan Pemprov DKI Kembangkan Metaverse Jakarta
Kolaborasi WIR Group dan Pemprov DKI Kembangkan Metaverse Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalin kerja sama strategis dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) untuk mengembangkan platform metaverse. Langkah ini merupakan upaya mendukung visi Jakarta sebagai kota maju melalui pelayanan public excellent yang dapat disejajarkan dengan berbagai kota besar di dunia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan oleh Yudhistira Nugraha sebagai Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta dengan Direktur Utama PT WIR Asia Tbk, Michel Budi Wirjatmo di Balai Kota Jakarta (28/04/2022).

"Kami siap mengadopsi teknologi metaverse untuk mewujudkan visi Jakarta sebagai kota maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua,” ujar Yudhistira.

Pemprov DKI Jakarta menilai kerja sama dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan layanan publik di Jakarta. Dengan mengadopsi teknologi digital metaverse, Pemprov DKI Jakarta juga bisa menggali berbagai potensi dan peluang dalam pengembangan layanan yang sebelumnya tidak terbayangkan.

“Kerja sama strategis dengan WIR Asia merupakan upaya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Jakarta dalam mengakses dan mendapatkan layanan. Ini juga menjadi bagian dari rangkaian transformasi digital Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pengembangan layanan publik berbasis IT, setelah sebelumnya kami mengembangkan Jakarta Smart City,” lanjutnya.

Yudhistira meyakini pengembangan teknologi digital metaverse dapat mendukung terwujudnya pelayanan publik kelas dunia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga secara efektif, sekaligus memberikan pengalaman unik kepada masyarakat.

“Kami tertarik untuk melakukan kerja sama dengan WIR Asia dalam pengembangan platform metaverse Jakarta, karena track record mereka dalam pengembangan teknologi AR/VR dan AI yang sudah diakui di berbagai negara. Selain itu, platform metaverse yang dikembangkan juga mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa, Bhinneka Tingga Ika dan sejalan dengan visi Pemprov DKI Jakarta,” tutur Yudhistira.

Sementara bagi WIR Asia, kerja sama ini menegaskan komitmennya dalam mengembangkan platform metaverse untuk kota-kota besar di Indonesia. Michel mengatakan, pengembangan platform metaverse Jakarta dilakukan dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai-nilai dan kearifan lokal dan budaya bangsa seperti yang dikembangkan untuk metaverse Kota Makassar dan Bali.

Kerja sama ini juga dinilai akan membawa pihaknya pada satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform metaverse yang lebih besar. “Pembangunan metaverse di Indonesia secara keseluruhan memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024 mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi,” kata Michel.

Dia menambahkan, dalam mengembangkan teknologi, pihaknya juga selalu berpikir dan bertindak mengacu kepada filosofi dan nilai-nilai luhur bangsa. "Tentunya, kami juga melibatkan pihak-pihak yang memahami konsep budaya dan kearifan lokal dari masing-masing daerah, seperti pakar dan akademisi,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement