Sabtu 30 Apr 2022 15:16 WIB

Banten International Stadium Bakal Diresmikan 9 Mei 2022

Pembangunan Banten International Stadium menelan biaya Rp 874,317 miliar.

Rep: Eva Rianti / Red: Ratna Puspita
Ilustrasi Banten International Stadium. Banten International Stadium (BIS) bakal diresmikan pada 9 Mei 2022.
Foto: Instagram/@d.perkim_official
Ilustrasi Banten International Stadium. Banten International Stadium (BIS) bakal diresmikan pada 9 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Banten International Stadium (BIS) bakal diresmikan pada 9 Mei 2022. BIS diharapkan bisa menjadi stadion kebanggaan bagi warga Banten. 

“Rencananya peresmian BIS akan dilakukan oleh Bapak Gubernur Banten Wahidin Halim, dimeriahkan dengan bazar, gowes atau fun bike, hiburan, serta mengundang tokoh-tokoh Banten,” tutur Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Banten M Rahmat Rogianto dalam keterangannya, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga

Rahmat mengatakan, bangunan BIS berlokasi di Sport Center Curug, Kota Serang, Banten, didesain dengan mengadopsi budaya Banten. Pembangunannya menelan biaya mencapai Rp 874,317 miliar yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Banten yang dilaksanakan secara multiyears.

“Adopsi budaya Banten pada desain BIS terlihat pada fasad bermotif batik Banten dan gerbang yang mencirikan budaya Banten. Bangunan BIS terdiri dari lima lantai dengan kapasitas tempat duduk penonton sebanyak 30.038 kursi,” kata dia.

Sejumlah fasilitas lainnya yang tersedia di BIS yakni tribun VVIP, rumput lapangan zoysia matrella berstandar FIFA, dan lampu stadion standar AFC. Juga ruangan press conference, serta lintasan atletik berstandar IAAF.

Rahmat menegaskan, pembangunan BIS merupakan salah satu visi dan misi Pemprov Banten agar bisa memiliki fasilitas olahraga stadion berstandar internasional yang dapat digunakan untuk pertandingan skala nasional, ASEAN, bahkan internasional. Stadion itu diharapkan bisa menjadi 'warna' baru bagi masyarakat Banten. 

“Dengan adanya stadion ini diharapkan dapat memotivasi serta meningkatkan prestasi atlet olahraga, khususnya olahraga sepakbola di Provinsi Banten. Harapan lainnya BIS ini bisa menjadi salah satu kebanggan masyarakat Banten,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement