Sabtu 30 Apr 2022 19:15 WIB

Tanda Peringatan Kolesterol Tinggi Bisa Terasa di Tangan atau Kaki

Gejala kolesterol tinggi bisa terasa di tangan dan kaki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (Ilustrasi). Tanda kolesterol tinggi bisa dirasakan di kaki.
Foto: www.freepik.com.
Kaki (Ilustrasi). Tanda kolesterol tinggi bisa dirasakan di kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol yang tinggi umumnya tidak memunculkan gejala namun dapat memicu kondisi mematikan seperti strok dan serangan jantung. Akan tetapi, ada beberapa tanda peringatan yang mungkin muncul ketika kadar kolesterol tinggi.

Menurut Medicover Hospitals, salah satu gejala fisik yang dapat mengindikasikan kadar kolesterol tinggi adalah nyeri di kaki. Keluhan ini bisa terjadi karena penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah di kaki

Baca Juga

"Penumpukan kolesterol ini bisa terjadi secara terus-menerus dan membuat kaki sakit," jelas Medicover Hospitals, seperti dilansir Express, Sabtu (30/4/2022).

Gejala atau tanda peringatan lain yang juga perlu diwaspadai adalah kesemutan di tangan atau kaki. Kesemutan ini dipicu oleh adanya gangguan aliran darah pada bagian tubuh tertentu. Gangguan aliran darah ini bisa terjadi karena kadar kolesterol tinggi biaa menyebakan aliran darah mengental dan mempengaruhi aliran darah normal si saraf dan memicu kesemutan.

"Lebih lanjut, Anda mungkin mengalami sakit di dada sebelajlh kiri," jelas Medicover Hospitals.

Kadar kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Seiring waktu, tumpukan lemak yang semakin besar akan semakin mempersempit aliran darah di dalam pembuluh darah.

Terkadang, deposit lemak yang menempel di dinding pembuluh darah ini bisa terlepas dan mendorong terjadinya strok atau serangan jantung. Pada strok yang disebabkan kadar kolesterol tinggi, ada beberapa gejala yang bisa terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement