Senin 02 May 2022 00:50 WIB

IPB University dan LPDP Kerja Sama Rekrutmen SDM

Rektor mengajak  lulusan LPDP untuk bergabung di IPB University.

Red: Irwan Kelana
Rektor IPB University, Prof Arif Satria.
Foto: Dok IPB University
Rektor IPB University, Prof Arif Satria.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- IPB University sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggelar webinar kolaborasi “LPDP & IPB University: One Step Ahead with PTNBH”, Kamis (28/4). Dalam kegiatan ini diulas kerja  sama penyaluran alumni LPDP untuk berkarir sebagai dosen di lingkungan IPB University.

Materi yang diulas adalah mengenai proses rekrutmen, kemampuan dan keahlian diri yang diperlukan untuk berkarir pada PTN BH terutama di IPB University, serta pengembangan dan tantangan berkarir pada PTN BH. Sosialisasi ini juga digelar dalam rangka meningkatkan pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di IPB University.

Dwi Larso, direktur Beasiswa LPDP menyambut hangat kerja  sama yang terjalin antara IPB University dengan LPDP. Ia mengatakan tidak semua awardee LPDP telah memiliki karir. “Sebagian besar angkanya masih didominasi oleh lulusan baru yang baru mulai menata masa depannya,” kata Dwi Larso dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Dwi Larso, direktur Beasiswa LPDP.  (Foto: Dok IPB University)

Diharapkan, lanjutnya, para awardee LPDP dapat diarahkan untuk soft landing sebagai tenaga pendidik di PTN BH. Sehingga,  LPDP tidak hanya membantu para lulusan mendapatkan gelar namun berkontribusi dan berkarya bagi bangsa ini. Maka dari itu, ia merasa perekrutan awardee LPDP dapat menjadi modal kolaborasi dengan perguruan tinggi dan lembaga lainnya.

“Sejauh ini LPDP telah menyalurkan hampir 30 ribu beasiswa. Setiap tahun menyalurkan 4 ribu sampai dengan 7 ribu beasiswa. Kami tidak puas hanya menghasilkan orang-orang dengan gelar S2 atau S3, lebih dari itu. Kami mengharapkan mereka bisa memberikan dampak dan karya yang maksimal untuk bangsa,” terangnya.

Prof Arif Satria, rektor IPB University dalam sambutannya juga mengatakan sebagai sebuah PTNBH, instansinya mendapatkan tantangan baru dalam pengembangan SDM. Hal ini dikarenakan jatah PNS saat ini sudah mulai langka.  Ia menilai bahwa LPDP merupakan salah satu lembaga kredibel dalam menyeleksi lulusan terbaik Indonesia.

Dengan kerjasama yang terjalin, secara otomatis akan meringankan tugas perguruan tinggi untuk merekrut lulusan terbaik Indonesia untuk berkarir di IPB University. "Maka dari itu saya ingin mengajak para lulusan untuk bisa bergabung di IPB University untuk bidang-bidang yang kita perlukan,” katanya.

Terlebih, tambahnya, IPB University mendapat kabar gembira atas diraihnya gelar perguruan tinggi terbaik bidang agrikultur dan kehutanan ke-41 di dunia dan ke -6 di Asia. IPB University berharap dapat mengembangkan SDM dengan lebih baik lagi.

Melalui program rekrutmen ini diharapkan lulusan yang ikut bergabung memiliki mental pembelajar. “Jadi aspek soft skill dan karakter menjadi aspek yang sangat penting. Karena para dosen ini akan terus berjumpa dengan mahasiswa sehingga harus menjadi role model bagi orang-orang yang memiliki karakter ingin terus berkembang,memiliki kompetensi dan karakter kuat sebagai pembelajar. Kami berharap lulusan terbaik dapat bergabung dengan IPB University untuk mendampingi mahasiswa,” tambahnya.

Para lulusan yang bergabung juga diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan baru karena menghadapi generasi milenial dengan berbagai karakter. Para lulusan yang menjadi dosen juga diharapkan dapat mengembangkan riset kekinian menjawab berbagai persoalan strategis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement