Lima Pelajaran Usai Ramadhan Meninggalkan Kita

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Selasa 03 May 2022 16:10 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: dok. Republika Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ramadhan telah berakhir tetapi hal itu pasti harus meninggalkan kita dengan banyak berkah dan hubungan spiritual yang kuat dengan Allah. Karim Serageldin seorang konselor berbicara tentang lima pelajaran Ramadhan yang dapat kita ambil dan manfaatkan setelah Ramadhan.

Karim menyebut pelajaran ini  sebagai lima permata Ramadhan. Melansir laman aboutislam, Selasa (3/5/2022), disebutkan lima hal tersebut diantaranya, 

 

Pertama, dengan menjalankan segala ibadah selama Ramadhan, seorang muslim dapat mengenali diri bahwa kita sesungguhnya  adalah makhluk spiritual pada dasarnya.

 

Kedua, ketika kita mendisiplinkan kebutuhan tubuh dan nafsu, kita bisa mendapatkan kekuatan ruh yang menghubungkan kita dengan Allah SWT.

 

Ketiga, Ramadhan adalah pemicu konstan untuk membuat kita kembali mengingat Allah SWT. Karena setiap tindakan dan perilaku kita yang baik akan diawali dengan niat yang baik dan menyebut nama Allah SWT. 

 

Keempat. Ramadhan mengajarkan kita untuk memberi dan memaafkan. Sebagaimana hal sunnah yang dilakukan selama Ramadhan yakni memperbanyak sedekah dan melapangkan hati untuk memaafkan jika orang lain melakukan kesalahan kepada kita.

 

Kelima, Ramadhan adalah pengingat bahwa waktu berlalu terlalu cepat. Karena tanpa terasa Ramadhan selama satu bulan penuh telah berakhir dan Syawal telah tiba.n