Selasa 03 May 2022 17:31 WIB

H+1 Lalu Lintas di Simpang Bawen Padat, tapi Terkendali

Padatnya kendaraan dikarenakan tingginya mobilitas masyarakat ke tempat wisata.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Israr Itah
Sejumlah kendaraan bermotor melaju perlahan di Ungaran, Kabupaten Semarang.
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Sejumlah kendaraan bermotor melaju perlahan di Ungaran, Kabupaten Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Lonjakan volume kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, terpantau di jalur arteri nasional (non tol) di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada H+1 lebaran 1443 Hijriah, Selasa (3/5/2022). Arus lalu lintas mulai Selasa pagi hingga sore hari didominasi oleh kendaraan bermotor dari arah Semarang menuju ke arah Solo atau Yogyakarta. Pergerakan paling banyak kendaraan bernomor polisi Jawa Tengah.

Padatnya kendaraan dikarenakan tingginya mobilitas masyarakat yang akan menuju ke sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang serta masih banyaknya masyarakat yang melakukan aktivitas silaturrahim dengan keluarga maupun saudara mereka. 

Baca Juga

Melonjakan volume kendaraan bermotor ini, mengakibatkan sejumlah ruas jalan nasional di wilayah kabupaten Semarang terpantau mengalami kepadatan, terutama di simpul- simpul persimpangan maupun titik penyeberangan. Antara lain di simpang Taman Serasi atau perbatasan Ungaran dengan Kota Semarang, Pasar Karangjati, Pasar Harjosari, dan simpang Bawen yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari arah Semarang, Solo dan Yogyakarta. Selebihnya, arus lalu lintas terpantau ramai lancar. 

Khusus di titik simpang Bawen dan exit tol Bawen, kepadatan arus lalu lintas terpantau cukup terkendali sepanjang Selasa pagi hingga menjelang sore hari.

Meskipun sesekali terjadi perlambatan, secara umum situasi arus lalu lintas di simpang Bawen cukup terkendali. Perlambatan tidak sampai mengakibatkan terjadinya antrean panjang kendaraan, baik dari arah Semarang, Solo mupun dari arah Yogyakarta.

Arus lalu lintas dari ke-tiga arah tetap mengalir meski harus merambat pelan, khususnya beberapa ratus meter menjelang simpang Bawen. Selebihnya arus lalu lintas pun cenderung ramai lancar.

“Karena petugas polisi lalu lintas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang yang ditempatkan di lokasi simpang Bawen sigap mengurai jika terjadi kepadatan kendaraan,” ungkap Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo.

Sehingga, jelasnya, pada H+1 Lebaran ini situasi arus lalu lintas di Simpang Bawen cukup terkendali. “Alhamdulillah, hari ini simpang Bawen cukup aman terkendali dan tetap kondusif,” jelas kasatlantas.

Pun demikian dengan kejadian menonjol di jalan raya, di wilayah hukum Polres Semarang juga terpantau landai. “Artinya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) di wilayah Kabupaten Semarang juga kondusif,” kata Rendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement