Selasa 03 May 2022 19:37 WIB

UEFA Resmi Hapus Rusia dari Seluruh Keikutsertaan Kompetisi Eropa

Portugal akan menggantikan Rusia di Piala Eropa 2022 Wanita.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
logo uefa
Foto: football italia
logo uefa

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Federasi Sepak Bola Eropa alias UEFA secara tegas mengumumkan mereka telah menghapus lebih banyak tim Rusia dari turnamen elite Benua Biru Euro putra untuk tahun 2028, pun 2032 yang dihentikan.

Tim sepak bola Rusia dikeluarkan dari Kejuaraan Eropa Wanita, bahkan untuk kompetisi Liga Champions berikutnya dan kualifikasi Piala Dunia Wanita 2023 UEFA meresmikan bakal mendepak klub-klub asal Negeri Beruang Merah.

Baca Juga

Ini adalah sanksi putaran terakhir selama perang Rusia dengan Ukraina setelah FIFA dan UEFA sebelumnya menangguhkan tim nasional dan klub Rusia pada Februari 2022 lalu.

Dilansir The Week, Selasa (3/5/2022) UEFA mengatakan Portugal akan menggantikan Rusia di Piala Eropa 2022 Wanita yang diselenggarakan oleh Inggris pada Juli.

Sedangkan kampiun Liga Rusia, Zenit St. Petersburg yang bermain di babak penyisihan grup Liga Champions akan jatuh ke tangan juara Skotlandia, menurut daftar alokasi entri terbaru UEFA.

Lebih lanjut UEFA mengatakan komite eksekutifnya mengambil keputusan terbaru untuk memastikan kelancaran acara di lingkungan yang aman dan terjamin bagi semua pihak yang terkait.

Tak sampai di situ, tawaran Rusia untuk menjadi tuan rumah Euro putra pada 2028 atau 2032, keduanya diluncurkan sejak perang dimulai, juga dihentikan, dengan UEFA memutuskan mereka tidak memenuhi syarat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement