Rabu 04 May 2022 08:47 WIB

Pemprov Kalteng Sediakan Gerai Vaksinasi Bagi Pengunjung Objek Wisata

Vaksinasi bagi pengunjung objek wisata ini bertujuan mengantisipasi penyebaran Covid.

Red: Agus raharjo
Petugas vaksinator menunjukkan vaksin penguat atau booster di gerai layanan vaksinasi Covid-19 di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (21/4/2022). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Rahmad
Petugas vaksinator menunjukkan vaksin penguat atau booster di gerai layanan vaksinasi Covid-19 di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (21/4/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALAANGKA RAYA--Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan gerai vaksinasi di sejumlah objek wisata di Kota Palangka Raya. Gerai vaksinasi ini sengaja diperuntukkan bagi para pengunjung yang datang berwisata.

Gerai vaksinasi ini disediakan di antaranya di Agrowisata Manasa dan Dermaga Kereng Bangkirai. "Gerai vaksinasi ini kami gelar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kalteng dan Kota Palangka Raya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Adiah Chandra Sari di Palangka Raya, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga

Pada gerai vaksinasi ini disediakan vaksin dosis pertama, kedua, dan ketiga atau penguat. Masyarakat atau pengunjung beberapa objek wisata ini pun cukup antusias mengikuti vaksinasi untuk melengkapi dosis yang mereka terima.

Kegiatan ini juga untuk menindaklanjuti arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang terus mendorong pengoptimalan capaian sasaran vaksinasi, kendati capaian vaksinasi di provinsi setempat sudah sangat baik. Melalui peningkatan capaian vaksinasi pada berbagai sasaran, diharapkan kekebalan kelompok (herd immunity) di tengah masyarakat semakin optimal guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Adiah yang juga merupakan Sekretaris Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mengatakan vaksinasi yang diperuntukkan bagi pengunjung objek wisata ini bertujuan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masa libur Lebaran 1443 Hijriah.

"Vaksinasi kami lakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, mendirikan gerai atau posko vaksinasi di setiap lokasi wisata, sehingga bagi pengunjung yang belum mendapat vaksin bisa langsung divaksinasi," ucapnya.

Khusus untuk Palangka Raya, posko vaksinasi yang didirikan di Dermaga Kereng Bangkirai dan Agrowisata Manasa selama tiga hari berturut turut terhitung sejak 3-5 Mei 2022. Saat ini seluruh tempat wisata sudah dibuka kembali, mengingat jumlah kasus Covid-19 mengalami penurunan dan landai, sehingga diharapkan menjadi salah satu upaya efektif dalam pemulihan ekonomi masyarakat di Kalteng.

Wisatawan yang mengikuti vaksinasi baik pada Agrowisata Manasa maupun Dermaga Kereng Bangkirai mencapai hingga puluhan orang dengan berbagai dosis. Pengunjung juga senantiasa diingatkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik menggunakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement