Rabu 04 May 2022 10:09 WIB

Sejarah Hari Ini: Pesawat Nigeria Jatuh di Kerumunan Kota

Kecelakaan pesawat Nigeria menewaskan 149 orang.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi pesawat jatuh. Pada 4 Mei 2002, pesawat EAS Airline jatuh di kota Kano, Nigeria yang menewaskan 149 orang.
Foto: Reuters/Shamil Zhumatov
Ilustrasi pesawat jatuh. Pada 4 Mei 2002, pesawat EAS Airline jatuh di kota Kano, Nigeria yang menewaskan 149 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Pada 4 Mei 2002, pesawat EAS Airline jatuh di kota Kano, Nigeria yang menewaskan 149 orang. Pesawat BAC 1-11-500 Nigeria meledak di bagian padat penduduk kota Nigeria utara. Awalnya pesawat bermesin ganda Executive Airline Services lepas landas dari Kano sekitar pukul 13.30.

Seperti dilansir laman History, Rabu (4/5/2022), pesawat itu menuju Lagos. Saksi di darat melihat bahwa pesawat menunjukkan tanda-tanda tidak baik sebelum jatuh ke tanah. Kemudian merobek lingkungan kelas ekonomi, dan menghantam atap lusinan rumah dan beberapa masjid. Sekitar tiga blok penuh struktur hancur.

Baca Juga

Banyak korban di tanah terbakar sampai mati dalam ledakan yang berapi-api itu. Enam penumpang di pesawat itu berhasil selamat. Salah satunya, Najib Ibrahim.

"Saya pikir saya tidak punya kesempatan. Saya dikelilingi oleh api. Saya beruntung karena saya duduk di dekat pintu keluar," kata Ibrahim.

Tepat sebelum kecelakaan itu, pihak berwenang Nigeria telah menyuarakan keprihatinan tentang penggunaan pesawat tua oleh banyak operator swasta yang beroperasi di negara itu dan telah mengumumkan larangan pesawat yang lebih tua dari 22 tahun. Namun, pesawat British Aircraft yang jatuh di Kano bukanlah pesawat tua. Penyelidikan kemudian memutuskan penyebab kecelakaan itu adalah kesalahan pilot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement