Rabu 04 May 2022 14:25 WIB

PASI Tunggu Petunjuk KOI Terkait Nasib Eki Febri di SEA Games Vietnam

Nomor tolak peluru putri tidak diperlombakan karena kekurangan peserta.

Red: Israr Itah
Atlet tolak peluru putri Indonesia Eki Febri Ekawati.
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Atlet tolak peluru putri Indonesia Eki Febri Ekawati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk Komite Olimpiade Indonesia (KOI) terkait nasib Eki Febri Ekawati di SEA Games Hanoi, Vietnam. Eki terancam batal berlomba pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut setelah hasil Delegation Registration Meeting di Hanoi, Selasa (3/5), nomor tolak peluru putri tidak diperlombakan karena kekurangan peserta.

"Peserta hanya Indonesia dan Thailand. Kami masih menunggu petunjuk dari KOI terkait keberangkatan Eki," kata Tigor Tanjung kepada Antara, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga

Seperti diberitakan sebelumnya, tolak peluru putri dan lontar martil putra dari cabang olahraga atletik, serta bola tangan pantai putri hanya diikuti masing-masing dari dua negara. Jumlah tersebut kurang dari ketentuan yakni tiga negara peserta. 

Tolak peluru putri hanya diikuti Indonesia dan Thailand. Sementara lontar martil putra hanya Thailand dan Malaysia yang ikut serta. Adapun bola tangan pantai putri hanya Vietnam dan Thailand yang ambil bagian.

Tigor pun menyayangkan jika benar tolak peluru hanya diikuti dua negara. "Saya menyayangkan kenapa Vietnam tidak menurunkan wakilnya," kata Tigor menambahkan.

Untuk diketahui, tolak peluru adalah bagian dari cabang olahraga atletik yang dilombakan di Olimpiade sejak 1896 di Athena, Yunani. Adapun dengan adanya pembatalan perlombaan tolak peluru putri merugikan Indonesia. Sebab, wakil yang akan tampil yakni Eki adalah atlet yang memiliki potensi menyumbang medali. Eki adalah peraih emas SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kemudian pada SEA Games edisi sebelumnya 2019 di Filipina, dia meraih medali perak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement