Arus Balik, Daop 6 Yogyakarta Operasionalkan KA Bogowonto

Red: Yusuf Assidiq

Arus Mudik dan Arus balik mudik Stasiun Senen. Sejumlah pemudik turun dari kereta api Bogowonto Lempuyangan-Pasar Senen.
Arus Mudik dan Arus balik mudik Stasiun Senen. Sejumlah pemudik turun dari kereta api Bogowonto Lempuyangan-Pasar Senen. | Foto: Fakhri Hermansyah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menambah jadwal perjalanan kereta jarak jauh dengan mengoperasionalkan kereta api Bogowonto untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan penumpang di masa Angkutan Lebaran 2022.

“Kereta ini dioperasionalkan saat masa arus balik, 4-9 Mei dengan relasi Stasiun Lempuyangan-Stasiun Pasar Senen Jakarta,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Rabu (4/5/2022).

Menurut dia, calon penumpang dapat mengakses informasi mengenai jadwal keberangkatan, tarif, dan ketersediaan tiket melalui aplikasi KAI Access.

“Kereta ini adalah kereta jarak jauh sehingga syarat perjalanan pun harus dipenuhi oleh penumpang. Protokol kesehatan tetap harus dipatuhi agar perjalanan aman, nyaman, dan sehat,” katanya.

 

Secara umum, Supriyanto mengatakan ketersediaan tiket untuk perjalanan kereta api di masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

“Jika memang memungkinkan, bisa mencari tanggal keberangkatan alternatif apabila tiket yang diinginkan sudah habis,” ujarnya.

Fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access juga bisa dimanfaatkan untuk membantu alternatif rute perjalanan dengan menyambung perjalanan kereta api.

Berdasarkan data hingga Rabu (4/5), total jumlah penumpang yang turun di Daop 6 selama masa Angkutan Lebaran 2022 tercatat sebanyak 260.920 orang dengan puncak kedatangan terjadi pada Selasa (3/5) sebanyak 20.432 penumpang.

 

Pada Rabu (4/5), jumlah kedatangan penumpang di berbagai stasiun di Daop 6 Yogyakarta juga tercatat masih cukup tinggi yaitu mencapai 19.846 orang.

Sedangkan jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Daop 6  selama masa Angkutan Lebaran 2022 tercatat sebanyak 255.651 orang atau penjualan tiket mencapai 90 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 282.926 tempat duduk.

“Data sementara, penumpang yang diberangkatkan mengalami kenaikan pada 3-10 Mei dan puncak arus balik pada 7 Mei dengan 17.138 penumpang,” jelas dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


7.204 Penumpang Dominasi Pergerakan Penumpang Bandara YIA

H+2 Lebaran, Lalu Lintas Simpang Bawen Melonjak Signifikan

Menhub Imbau Pemudik tak Serempak Pulang di Akhir Pekan

Arus Balik Lebaran di Terminal Leuwipanjang Masih Landai

Arus Balik Jalur Arteri Pantura dan Tol di Cirebon Masih Landai

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark