Kebakaran Kapal di Cilacap, Kerugian Capai Rp 130 Miliar

Red: Yusuf Assidiq

Petugas pemadam kebakaran dan basarnas saat memadamkan api dari ledakan kapal di dermaga Wijayapura, Cilacap.
Petugas pemadam kebakaran dan basarnas saat memadamkan api dari ledakan kapal di dermaga Wijayapura, Cilacap. | Foto: (Dok. Basarnas)

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi menyatakan kerugian akibat kebakaran kapal di Dermaga Batere dan Dermaga Wijayapura, Cilacap, hampir mencapai Rp 130 miliar.

"Ini karena ada 44 kapal (nelayan) dan satu kapal tugboat (kapal tunda, red.) yang terbakar," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat meninjau lokasi kebakaran kapal di Cilacap, Rabu (4/5/2022).

Terkait dengan penyebab kebakaran, berdasarkan informasi yang dirangkum, dugaan sementara sumber api berasal dari kegiatan salah seorang anak buah kapal (ABK) di atas kapalnya. "Akan kami dalami. Ini semua untuk membuat terang perkara terkait dengan kebakaran," kata Kapolda.

Oleh karena itu, pihaknya memerintahkan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng berangkat ke Cilacap untuk menyelidiki sumber api yang menyebabkan kebakaran puluhan kapal.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kata dia, diketahui kebakaran terjadi di empat titik. "Begitu terbakar, sejumlah kapal tercerai-berai karena adanya pasang surut ombak," ujar Irjen Pol Luthfi.

Kebakaran pertama kali terjadi pada salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batere pada Selasa (3/5) pukul 17.10 WIB, yang diawali dengan ledakan dari kapal tersebut.

Tidak lama kemudian, kobaran api merambat ke kapal-kapal lain yang sedang bersandar di Dermaga Batere. Bahkan, kebakaran meluas hingga Dermaga Wijayapura (tempat penyeberangan khusus menuju lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan) yang letaknya berdekatan dengan Dermaga Batere.

Akibat kejadian tersebut, seorang ABK mengalami luka bakar hingga 25 persen, khususnya di wajah, leher, lengan bawah sebelah kanan dan kiri, serta punggung tungkai kanan dan kiri, sehingga harus menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

Korban atas nama Yatiman (44), warga Jalan Logawa Nomor 45 RT 02 RW 03, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, diketahui terkena ledakan mesin saat bekerja di atas kapal.

 

Terkait


Ini Penyebab Sulitnya Pemadaman Api di Dermaga Wijayapura Cilacap

Kronologis Terjadinya 50 Kapal Terbakar di Dermaga Wijayapura Cilacap

Kapolda Jateng Minta Penyebab Kebakaran Puluhan Kapal di Cilacap Diungkap

Kasus Covid-19 Meningkat di Jateng, Kapolda: Genjot Vaksinasi dan Prokes

Ini Alasan Kapolda Murka dan Mencopot AKP Eko Marudin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark