Kamis 05 May 2022 08:05 WIB

Menlu AS Positif Covid-19

Tes Covid-19 Blinken sebelumnya menunjukkan hasil negatif.

Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken dinyatakan positif Covid-19.
Foto: AP/Alex Brandon/Pool AP
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken dinyatakan positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken dinyatakan positif Covid-19. Departemen Luar Negeri pada Rabu (4/5/2022) mengatakan, tes Covid-19 Blinken sebelumnya menunjukkan hasil negatif.

Blinken dan Presiden Joe Biden menghadiri Makan Malam Asosiasi Koresponden Gedung Putih pada Sabtu (30/4/2022). Beberapa wartawan yang hadir dalam acara tersebut telah dinyatakan positif Covid-19 pekan ini.

Blinken dijadwalkan untuk menguraikan kebijakan pemerintahan Biden terhadap Cina pada Kamis (5/5/2022). Tetapi telah dijadwalkan ulang.

"Sesuai dengan pedoman CDC dan berkonsultasi dengan Biro Layanan Medis Departemen, Blinken akan mengisolasi diri di rumah dan mempertahankan jadwal kerja virtual," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price, dilansir Alarabiya.

Wakil Presiden AS Kamala Harris pada Senin (2/5/2022) telah dinyatakan negatif Covid-19,  dan diizinkan untuk kembali ke Gedung Putih pada Selasa (3/5/2022). Juru bicara Harris, Kirsten Allen mengatakan, Harris, diberikan resep pengobatan antivirus Paxlovid selama perawatan Covid-19.

Allen mengatakan, Harria akan terus mengenakan masker sesuai dengan pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sampai hari kesepuluh setelah dinyatakan terpapar Covid-19. Pedoman CDC memungkinkan orang untuk meninggalkan isolasi pada hari keenam setelah mereka dinyatakan positif, dan harus memakai masker di sekitar orang lain.

Pekan lalu, Harris dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Dia dalam kondisi stabil dan tak menunjukkan gejala apapun.

“Dia (Harris) tidak menunjukkan gejala, akan menjalani isolasi, dan terus bekerja dari kediaman wakil presiden,” kata Gedung Putih.

Menurut Gedung Putih, Harris tidak melakukan kontak dekat dengan Presiden AS Joe Biden dan istrinya Jill Biden. “Dia (Harris) akan mengikuti program CDC dan saran dari dokternya. Wakil Presiden akan kembali ke Gedung Putih ketika hasil tesnya negatif,” kata Gedung Putih.

Saat ini AS masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Negara itu telah mencatatkan lebih dari 81 juta kasus dengan korban meninggal melampaui 990 ribu jiwa. Kalifornia menjadi negara bagian teratas dalam jumlah kasus dan kematian domestik. Mereka mencatatkan 9,21 juta kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 90.204 jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement