Kamis 05 May 2022 09:45 WIB

Empat Cara Mudah untuk Hilangkan Lemak Perut

Lemak di perut adalah hal normal tapi jika kelebihan tak baik bagi kesehatan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Lemak di perut adalah hal normal tapi jika kelebihan tak baik bagi kesehatan. (ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Lemak di perut adalah hal normal tapi jika kelebihan tak baik bagi kesehatan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahkan orang dengan perut yang sempurna memiliki beberapa lemak perut.  Itu sangat normal. Namun, kelebihan lemak perut dapat membahayakan kesehatan Anda dengan cara yang tidak dilakukan oleh jenis lemak lainnya.  

Dilansir Pinkvilla pada Kamis (5/5/2022), meskipun Anda seharusnya tidak pernah merasa terdorong untuk menurunkan berat badan, kehilangan lemak perut adalah tujuan yang mengagumkan karena sayangnya itu adalah lokasi paling berbahaya untuk menyimpan lemak. Berikut empat cara mudah untuk menghilangkan lemak perut dan menjalani hidup yang lebih sehat:

Baca Juga

1. Pertimbangkan Rencana Makan daripada Diet

Untuk menghilangkan lemak perut, Anda harus memilih rencana makan sehat yang dapat Anda patuhi. Makan berbagai sayuran dan kurangi konsumsi garam, gula, lemak jenuh, dan lemak trans dari sumber industri sangat penting untuk diet sehat.

Untuk mencapai hasil yang sama, Anda bisa makan dalam porsi yang lebih kecil, membatasi ngemil atau menghindari makan yang emosional. Tidak diperlukan penghitungan kalori, hanya membuat pilihan makanan yang lebih baik.

2. Terus Bergerak

Aktivitas fisik dan terutama berjalan adalah cara terbaik untuk membakar lemak perut.  Jumlah latihan yang diperlukan untuk menurunkan berat badan ditentukan oleh tujuan Anda.  Lebih baik memulai dengan perlahan dan berusaha keras daripada mencoba terlalu keras dan menyerah.  

Salah satu pendekatan sederhana adalah berkomitmen untuk berjalan cepat 10 menit setelah makan malam dan secara bertahap meningkatkan waktu saat Anda menjadi lebih nyaman dengan gerakan harian.

3. Utamakan Kualitas Tidur yang Baik

Tidur sangat penting untuk keberhasilan penurunan berat badan. Jika ingin menurunkan berat badan, pastikan Anda cukup tidur selain mengikuti pola makan sehat dan rutin berolahraga. 

Jauhkan diri dari perangkat elektronik untuk tidur malam yang nyenyak jika Anda ingin menghilangkan lemak perut. Semakin lama Anda tidur nyenyak, semakin banyak kalori yang dibakar.

4. Angkat Beban

Latihan yang berfokus pada inti dengan komponen HIIT (high-intensity interval training) dapat menghasilkan keajaiban untuk mencapai perut yang kencang dan kencang. Bahkan latihan kekuatan sedang yang dikombinasikan dengan latihan aerobik membantu membangun massa otot tanpa lemak, menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, baik saat istirahat maupun selama berolahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement