Kamis 05 May 2022 21:00 WIB

Semarak Idul Fitri Berkah bagi Pedagang Mainan

Para pedagang ini memanfaatkan emperan toko yang tutup karena libur Lebaran.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Fakhruddin
Semarak Idul Fitri Berkah bagi Pedagang Mainan (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Semarak Idul Fitri Berkah bagi Pedagang Mainan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG PANJANG -- Beberapa pedagang mainan memanfaatkan momen Idul Fitri 1443 H untuk menjajakan dagangannya di kawasan Pasar Pusat Padang Panjang.

Para pedagang ini memanfaatkan emperan toko yang tutup karena libur Lebaran untuk menggelar dagangannya.

Baca Juga

Salah seorang pedagang mainan, Remon, mengatakan dirinya memanfaatkan momentum Lebaran 2022 ini untuk berjualan mainan anak-anak musiman.

"Waktunya memang pas Lebaran, sampai beberapa hari. Lewat dari itu sudah tidak ramai lagi," kata Remon, Kamis (5/5/2022).

Remon mengaku berjualan mainan anak adalah kegiatan tahunan yang dilakukan warga Kelurahan Kampung Manggis ini saat Lebaran. Di luar itu, Remon bekerja di bengkel.

Karena sedang libur maka dimanfaatkan untuk dagang mainan. Mainan yang dijual mulai dari pistol-pistolan dengan harga Rp 25.000 sampai Rp 120.000. Lalu ada mainan jenis lainnya seperti robot, mobil-mobilan serta aneka mainan anak lainnya.

"Alhamdulillah jualan lumayan ramai tahun ini. Dagangan sudah habis separuh sampai hari ini," ujar Remon.

Hal berbeda disampaikan pedagang mainan lainnya  Sonia, warga Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Sonia biasanya berdagang mainan di pemandian Mega Mendung Kecamatan X Koto ini, mengaku penjualannya di Lebaran tahun ini jauh menurun.

"Saat ini daya beli mainan anak-anak sangat kurang. Malahan dibanding Lebaran tahun lalu di masa pandemi, masih seperempatnya," ucap Sonia.

Sonia merasa kurangnya daya beli saat ini, akibat beberapa harga kebutuhan rumah tangga yang naik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement