Jumat 06 May 2022 05:25 WIB

Belum Ada Penumpang Gawat Darurat yang Datangi Posko Kesehatan Stasiun Gambir

Posko kesehatan gadar Stasiun Gambir melayani penumpang kereta yang ingin divaksin.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Ahad (24/4/2022).
Foto: Prayogi/Republika.
Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Ahad (24/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puskesmas Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat menyediakan posko kesehatan gawat darurat (gadar) di Stasiun Gambir mulai H-7 hingga H+3 Lebaran 2022. Hingga kini, petugas belum mendapati penumpang yang dirujuk ke rumah sakit karena kasus gawat darurat.

Suster Fivin, petugas kesehatan yang bertugas di posko kesehatan gadar Stasiun Gambir, mengatakan, kebanyakan penumpang yang mendatangi posko hanya untuk mengikuti "Belum ada penumpang yang alami gawat darurat, semua berjalan normal dan kebanyakan sehat-sehat, jarang ada yang mengeluh pusing. Setelah diperiksa, diarahkan ke klinik yang ada di stasiun," ujar Fivin ditemui di Stasiun Gambir, Kamis (5/5/2022).

Fivin menjelaskan, Puskesmas Gambir menurunkan tim kesehatan yang terdiri atas satu dokter, satu perawat, satu sopir ambulans, dan dua sukarelawan dari Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet yang bertugas di posko kesehatan gadar Stasiun Gambir. Tim kesehatan bekerja dalam dua sif, yakni pagi dari pukul 07.00 sampai 14.00 WIB, kemudian sif kedua pukul 14.00 hingga 21.00 WIB.

Menurut Fivin, penumpang kebanyakan datang untuk vaksinasi, baik itu vaksin primer (dosis satu dan dua)maupun vaksin penguat (booster). "Hari ini kami melayani 54 orang penumpang kereta yang divaksin," ujarnya.

Untuk layanan vaksinasi di posko kesehatan dibatasi mulai pukul 07.00 sampai 12.30 WIB. Hal itu menyesuaikan jadwal menginput data vaksinasi ke aplikasi PeduliLindungi dengan keberangkatan penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ). Jika siang hari, penumpang yang sudah divaksinasi datanya baru bisa terinput ke dalam sistem sore harinya.

Sehingga penumpang yang berangkat siang hari tidak bisa mengakses informasi vaksinasi. "Jadwal input data vaksin ke aplikasi PeduliLindungi itu mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB," kata Fivin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement