Jumat 06 May 2022 06:31 WIB

Kapal Kelud Bawa 2.256 Penumpang Arus Balik di Belawan

Pelayaran KM Kelud ini dengan rute normal dari Belawan hingga Tanjung Priok di J

Red: Nidia Zuraya
Sejumlah pemudik berjalan turun dari Kapal Motor (KM) Kelud setibanya di Pelabuhan Bandar Deli, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (26/4/2022).
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Sejumlah pemudik berjalan turun dari Kapal Motor (KM) Kelud setibanya di Pelabuhan Bandar Deli, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (26/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pergerakan pemudik pada arus balik Lebaran 2022 menggunakan Kapal Motor (KM) Kelud mencapai 2.256 orang penumpang di Terminal Bandar Deli Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. Ketua Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2022 Pelabuhan Utama Belawan, Fourmansyah di Medan, Kamis (5/5/2022) mengatakan angka tersebut merupakan penumpang KM Kelud pada H+2 Lebaran dengan rute pelayaran dari Belawan - Tanjung Balai Karimun - Batam - Tanjung Priok pergi pulang.

Kapal laut setinggi 32 meter dan panjang 22 meter itu memiliki kapasitas penumpang secara keseluruhan, yakni 2.607 orang dengan berlayar mengarungi lautan lepas. Data Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2022 Pelabuhan Utama Belawan menyebut, bahwa jumlah pemudik total 12.924 orang terdiri dari penumpang tiba 10.461 orang dan berangkat 2.463 orang.

Baca Juga

"Alhamdulillah, lancar karena semua penumpang lakukan vaksin. Yang baru vaksin satu dan dua, sudah ada antigen. Tinggal divalidasi petugas KPP (kantor kesehatan pelabuhan)," terang dia.

"Kalau dia sudah vaksin satu, dua plus booster (dosis penguat), langsung check-in dan naik ke kapal," tutur Fourmansyah yang menjabat Kabid Lalu Lintas Angkutan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Belawan.

Kepala PT Pelni (Persero) Cabang Medan, Agus Nugroho, mengatakan pelayaran KM Kelud kali ini dengan rute normal dari Belawan hingga Tanjung Priok di Jakarta."Nanti dari Tanjung Priok balik lagi ke sini (Belawan) pada 11 Mei 2022, dan berangkat lagi di hari yang sama dari Belawan menuju Batam pergi pulang," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement