Jumat 06 May 2022 23:09 WIB

DPKP3: Taman di Bandung Tetap Buka Kecuali Taman Alun-Alun Bandung

Taman Alun-Alun Kota Bandung ditutup terhitung hari Jumat (6/5/2022).

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau Taman Alun-Alun Bandung yang ditutup sementara akibat pengunjung yang membeludak dan tidak menjaga kebersihan, Jumat (6/5/2022). Pengunjung membeludak di area pedestrian Taman Alun-Alun.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau Taman Alun-Alun Bandung yang ditutup sementara akibat pengunjung yang membeludak dan tidak menjaga kebersihan, Jumat (6/5/2022). Pengunjung membeludak di area pedestrian Taman Alun-Alun.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mengungkapkan taman-taman di Kota Bandung bisa dikunjungi oleh masyarakat kecuali Taman Alun-Alun Bandung. Taman alun-alun ditutup sementara waktu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kabid Pertamanan DPKP3 Kota Bandung Rieke mengatakan Taman Alun-Alun Kota Bandung ditutup terhitung hari Jumat (6/5/2022) berdasarkan intruksi Wali Kota Bandung. Penutupan dilakukan karena terjadi kerumunan pengunjung dan membuang sampah sembarangan.

Baca Juga

"Alun-Alun Bandung ditutup per hari ini Jumat tanggal 6 Mei 2022 karena terjadi kerumunan yang luar biasa dari pengunjung dan banyaknya pengunjung yang membuang sampah sembarangan di area rumput sintetis, bak bunga dan area lain," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (6/5/2022).

Ia menuturkan taman-taman lainnya di Kota Bandung tetap buka dan dapat dikunjungi masyarakat. Kondisi di taman-taman tersebut relatif terkendali dan tidak menimbulkan kerumunan.

"Untuk taman-taman yang lain masih dibuka, pengunjung masih terkendali dan tidak menimbulkan kerumunan," katanya.

Sebelumnya, Taman Alun-Alun Kota Bandung ditutup sementara terhitung Jumat (6/5/2022) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan taman dilakukan akibat perilaku pengunjung yang tidak menjaga kebersihan dan jumlah yang datang membeludak.

Pantauan, sejumlah pintu masuk ke kawasan Taman Alun-Alun Bandung ditutup dan dijaga oleh belasan petugas Satpol PP. Sebagian para pengunjung berdempetan berharap dapat masuk ke area taman.

Para wisatawan yang berada di pedestrian terlihat membeludak dan abai terhadap protokol kesehatan. Sampah menumpuk jalur masuk kendaraan menuju area parkir di basement taman.

"Tentu menyayangkan perilaku warga yang menikmati fasilitas publik alun-alun ini ternyata tidak menjaga kebersihan sehingga ada risiko merusak fasilitas publik. Oleh karena itu sementara kita tutup," ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau taman, Jumat (6/5/2022).

Ia menyayangkan perilaku para wisatawan yang masih tidak menjaga kebersihan. Hal itu terlihat dari aktivitas wisatawan di luar area taman yang masih membuang sampah sembarangan.

"Kita lihat taman ditutup di sekitarnya itu warga berkumpul dan kita lihat perilaku mereka nyampah juga. Jadi ya kita sayangkan," katanya.

Ia mengaku penutupan sementara Taman Alun-Alun Bandung dilakukan mengacu kepada kondisi di lapangan. Termasuk pihaknya belum memastikan apakah akan menutup taman hingga libur Lebaran selesai pada Ahad (8/5/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا جَاۤءَهُمْ اَمْرٌ مِّنَ الْاَمْنِ اَوِ الْخَوْفِ اَذَاعُوْا بِهٖ ۗ وَلَوْ رَدُّوْهُ اِلَى الرَّسُوْلِ وَاِلٰٓى اُولِى الْاَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِيْنَ يَسْتَنْۢبِطُوْنَهٗ مِنْهُمْ ۗ وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهٗ لَاتَّبَعْتُمُ الشَّيْطٰنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Dan apabila sampai kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka (langsung) menyiarkannya. (Padahal) apabila mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya (secara resmi) dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Sekiranya bukan karena karunia dan rahmat Allah kepadamu, tentulah kamu mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antara kamu).

(QS. An-Nisa' ayat 83)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement