Senin 09 May 2022 09:47 WIB

Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games Vietnam

Jokowi menargetkan Indonesia bisa meraih prestasi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Israr Itah
Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas tim Kontingen Indonesia ke Sea Games ke-31 di Vietnam pada Senin (9/5/2022) di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi mengatakan, meskipun jumlah tim kontingen yang diberangkatkan pada tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya, tapi ia berharap agar tim Indonesia ini bisa meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa.

“Kita semuanya masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita bangsa kita Indonesia,” kata Jokowi saat pelepasan Kontingen Indonesia di halaman depan Istana Merdeka yang juga diikuti secara virtual.

Baca Juga

Lebih lanjut, Jokowi menargetkan Indonesia bisa meraih prestasi lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada gelaran SEA Games di Singapura 2015 lalu, Indonesia meraih peringkat kelima. Kemudian saat penyelenggaraan SEA Games di Malaysia, Indonesia juga menempati posisi kelima.

Sedangkan saat SEA Games 2019 di Filipina, Indonesia meraih peringkat keempat Karena itu, Jokowi pun menargetkan agar pada SEA Games ke-31 di Vietnam tahun ini, Indonesia bisa masuk ke peringkat yang lebih tinggi.

“Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking ketiga, kedua, atau yang kesatu,” ujarnya.

Ia mengakui tak mudah untuk meraih target prestasi yang diharapkan tersebut. Namun, melalui proses seleksi yang telah dilakukan dengan baik, ia berharap berbagai prestasi yang lebih tinggi dapat diraih.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, kontingen SEA Games ke-31 di Vietnam pada hari ini saya berangkatkan,” kata Jokowi. 

Sementara itu, Ketua Tim Indonesia pada Sea Games 2021, Ferry Kono menyampaikan, tim Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran Sea Games ini berjumlah 499 atlet yang terdiri dari 313 atlet putra dan 186 atlet putri.

“Ada 214 official yang akan mendampingi dan juga ada 63 tim headquarters,” ujar dia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut jumlah tim kontingen Indonesia yang diberangkatkan pada tahun ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jauh berkurang bila dibandingkan dengan kontingen Indonesia yang dikirimkan ke Sea Games ke-30 di Filipina tahun 2019 yang lalu yaitu 1.304 orang terdiri dari atlet 841 orang, official 300 orang, pendamping 163 orang,” ujar Zainudin.

Meskipun jumlahnya berkurang, ia berharap tim yang diberangkatkan ini dapat menjadi tolok ukur pembinaan prestasi olahraga nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement