Senin 09 May 2022 17:45 WIB

ASDP: 71,5 Persen Pemudik Kembali ke Pulau Jawa dari Bakauheni

Puncak arus balik dari Sumatera menuju Jawa melalui jalur laut terjadi pada Sabtu.

Red: Nidia Zuraya
Penumpang bejalan menuju kapal penyebrangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (9/5/2022). Pada H+6 Lebaran, arus balik di Pelabuhan Bakauheni terpantau lengang dan tidak ada penumpukan kendaraan maupun penumpang.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Penumpang bejalan menuju kapal penyebrangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (9/5/2022). Pada H+6 Lebaran, arus balik di Pelabuhan Bakauheni terpantau lengang dan tidak ada penumpukan kendaraan maupun penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Direktur Utama ASDP Indonesia Ira Puspadewi menyatakan sebanyak 71,5 persen pemudik telah bertolak ke Pulau Jawa dari Bakauheni, Lampung, hingga H+6 Lebaran."Hari ini, kurang lebih data yang dikeluarkan dari pukul 8 pagi tadi terdapat 71,5 persen sudah kembali ke Pulau Jawa," ungkap Ira Puspadewi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin (9/5/2022).

Menurut dia, puncak arus balik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa melalui jalur laut terjadi pada Sabtu (7/5/2022) malam, dengan sebanyak 61.961 pemudik telah bertolak menuju Pelabuhan Merak, Banten."Kita, insya Allah telah melewati puncak arus balik yang terjadi pada Sabtu lalu. Dan semakin hari terlihat sudah semakin sedikit yang.memasuki pelabuhan," kata Ira.

Baca Juga

Ira pun mengucapkan banyak terima kasih terhadap pihak-pihak yang sudah terlibat untuk membantu kelancaran arus balik lebaran, seperti pihak Polda Lampung serta instansi terkait yang sudah banyak membantu untuk memperlancar kegiatan tersebut."Delay sistem yang dijalankan oleh pihak kepolisian cukup membantu terjadinya kepadatan atau penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni," ucap dia.

Selain mengimbau untuk memperlambat dan beristirahat di rest area yang tekah disediakan, ASDPjuga berterimakasihkepada masyarakat yang melakukan pembelian tiket secara mandiri sebelum sampai di Pelabuhan menggunakan aplikasi Ferizy atau laman resmi.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ اَنْتُمْ هٰٓؤُلَاۤءِ تَقْتُلُوْنَ اَنْفُسَكُمْ وَتُخْرِجُوْنَ فَرِيْقًا مِّنْكُمْ مِّنْ دِيَارِهِمْۖ تَظٰهَرُوْنَ عَلَيْهِمْ بِالْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِۗ وَاِنْ يَّأْتُوْكُمْ اُسٰرٰى تُفٰدُوْهُمْ وَهُوَ مُحَرَّمٌ عَلَيْكُمْ اِخْرَاجُهُمْ ۗ اَفَتُؤْمِنُوْنَ بِبَعْضِ الْكِتٰبِ وَتَكْفُرُوْنَ بِبَعْضٍۚ فَمَا جَزَاۤءُ مَنْ يَّفْعَلُ ذٰلِكَ مِنْكُمْ اِلَّا خِزْيٌ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يُرَدُّوْنَ اِلٰٓى اَشَدِّ الْعَذَابِۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ
Kemudian kamu (Bani Israil) membunuh dirimu (sesamamu), dan mengusir segolongan dari kamu dari kampung halamannya. Kamu saling membantu (menghadapi) mereka dalam kejahatan dan permusuhan. Dan jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, padahal kamu dilarang mengusir mereka. Apakah kamu beriman kepada sebagian Kitab (Taurat) dan ingkar kepada sebagian (yang lain)? Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang yang berbuat demikian di antara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement