Selasa 10 May 2022 15:02 WIB

Kasus Wamil Taecyeon 2PM Jadi Sorotan, Kenapa?

Kasus Wamil Taecyeon 2PM Jadi Sorotan, Kenapa?

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Taecyeon 2PM
Taecyeon 2PM

VIVA – Nama Taecyeon 2PM tengah menjadi pembahasan saat perdebatan tentang pembebasan militer para member Bangtan Boys alias BTS berlanjut. Hal ini menyusul adanya liputan jurnalistik kontroversial PD Note MBC.

PD Note MBC, laporan media mengenai debat nasional tentang amandemen undang-undang pengecualian militer. Salah satu outlet media melaporkan, netizen ikut membawa kasus OK Taecyeon pada perdebatan tersebut.

Ok Taecyeon diketahui menyerahkan izin tinggal permanennya di Amerika Serikat pada tahun 2010 untuk menjalani wajib militernya di Korea. Tidak hanya itu saja, rapper 2PM ini juga diketahui mengikuti ujian fisik selama bertahun-tahun setelah menjalani dua kali operasi pada 2012 dan 2013 akibat cedera cakramnya, tidak seperti atlet atau selebritas lain yang hanya menerima peran sebagai pegawai negeri dalam kasus yang sama dari disk hernia.

 

Sementara itu, pada bulan Juni 2021, undang-undang dinas militer baru diberlakukan, yang memungkinkan individu dalam budaya populer dan seni yang telah diakui atas jasa budaya bergengsi untuk menunda dinas wajib mereka, hingga usia 30 tahun.

BTS, yang menerima Presidential Order of Cultural Merit pada tahun 2018 (menjadi tokoh budaya populer termuda yang menerimanya), dengan demikian anggota tertua BTS yakni Jin, dapat menunda tugas wajib militernya hingga 31 Desember 2022.

Namun, karena Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata baru-baru ini menekankan perlunya perdebatan terkait tentang pengecualian wajib militer dari grup BTS, amandemen tersebut menjadi topik sosial yang hangat di luar industri musik.

 

Untuk diketahui, Korea Selatan memiliki program wajib militer bagi setiap warga laki-laki yang bertubuh sehat dan berusia antara 18 hingga 28 tahun. Mereka diwajibkan melaksanakan wajib militer selama kurang lebih 2 tahun. Durasi wajib militer di antaranya Angkatan Darat (21 bulan), Angkatan Udara (24 bulan),  Angkatan Laut (23 bulan), polisi (21 bulan), atau sebagai pemadam kebakaran (23 bulan).

Sementara itu, seharusnya Jin BTS menjalankan wajib militernya pada tahun 2020 lalu, yang mana di tahun tersebut member tertua BTS itu telah berusia 28 tahun, artinya dia sudah memasuki batas umur maksimal wajib militer.

Dalam press conference global Album BE itu Jin menegaskan akan menjalankan tugas wajib militernya.

 

"Sebagai warga negara laki-laki Republik Korea, pendaftaran wajib diberikan, dan ketika negara menelepon, kami akan dengan senang hati menanggapinya," kata Jin seperti dilansir dari laman Times of India, Jumat 20 November 2020.

Dia menegaskan tidak akan melepaskan tanggung jawabnya itu, dan akan menjalankan tugas tersebut jika sudah waktunya tiba.

"Saya berencana untuk mengabdi dengan rajin ketika waktunya tiba. Para anggota  dan saya telah sering membahas topik ini, dan kami semua setuju bahwa kami ingin menjalankan tugas wajib militer kami," kata Jin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement