Senin 09 May 2022 20:18 WIB

Boyolali Tetap PTM Terbatas

Boyolali dalam status PPKM level 2 sehingga masih PTM terbatas

Red: Nur Aini
PTM terbatas, ilustrasi
Foto: ANTARA/Teguh Prihatna
PTM terbatas, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas meski pemerintah sudah memberikan pelonggaran karena pandemi Covid-19 sudah melandai.

"Kami tetap menerapkan PTM terbatas karena Boyolali masih PPKM level 2 sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Boyolali," kata Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Darmanto, di Boyolali, Senin (9/5/2022).

Baca Juga

Menurut Darmanto, pihaknya berharap semua sekolah tetap melaksanakan PTM terbatas sesuai SE Bupati Boyolali.

"Kami belum melaksanakan PTM kapasitas 100 persen, karena masih pandemi, sehingga masih diperlukan protokol kesehatan (prokes) yang ketat," katanya.

Hal tersebut, kata dia, juga sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) empat Menteri tentang PTM, disebutkan bahwa mulai Januari 2022, semua satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1, 2, dan 3 wajib melaksanakan PTM terbatas. Kendati demikian, pihaknya ke depan akan terus melihat perkembangan kondisi kasus Covid-19 di Boyolali dalam penerapan pembelajaran di ratusan SD negeri maupun swasta dan puluhan SMP negeri maupun swasta.

"Masih belum ada kebijakan perubahan, tetapi seiring dengan kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang semakin baik maka tugas saya adalah mengevaluasi apa yang sudah dilakukan karena sekarang masih PTM terbatas dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Menyinggung mengenai vaksinasi, untuk vaksinasi anak baik SD dan SMP sudah 100 persen dan pihaknya mendorong semua guru untuk melakukan vaksinasi penguat (booster). Meskipun cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua pada kelompok sasaran anak usia enam sampai 11 tahun yang jumlahnya 95.713 anak, masing-masing sudah mencapai 105 persen dan 101,5 persen, tetapi jika status pandemi belum jadi endemi tetap PTM terbatas.

"Kami semasa pandemi pada prinsipnya ada dua hal yang mesti diutamakan dalam penyelenggaraan pendidikan, yakni kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga pendidikan serta tumbuh kembang anak," katanya.

Pada kegiatan PTM terbatas, hingga saat ini sudah dilaksanakan di 530 taman kanak-kanak (TK), 581 sekolah dasar (SD), 98 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Boyolali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement