Senin 09 May 2022 21:28 WIB

Lulus dari Melbourne Jadi Pedagang, Begini Kisah Gufron Syarif Dirikan HAUS! yang Terkenal dan Viral

Kalau kamu belum tahu, Gufron Syarif adalah salah satu pendiri brand minuman yang terkenal yaitu HAUS!. Selengkapnya silakan di sini.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Gufron Syarif (Instagram/Gufron Syarif)
Gufron Syarif (Instagram/Gufron Syarif)

Lulus dari Melbourne membuat Gufron Syarif tetap ingin menjadi pendagang. Padahal, orang tuanya menentang. Akhirnya, ia pun bekerja di bank selama tiga tahun yang membuatnya sangat tertekan. Setelah itu, orang tuanya pun mengizinkan ia untuk berdagang asal menjadi dosen pengajar.

Kalau kamu belum tahu, Gufron Syarif adalah salah satu pendiri brand minuman yang terkenal yaitu HAUS!.

Dalam video YouTube bertajuk "PERJUANGAN WUJUDKAN MIMPI - HAUS! MEMBANGUN BISNIS TANPA HUTANG", Gufron memulai perjalanan bisnisnya dengan menjual rendang kemasan dengan omzet sampai Rp600 juta per bulan. Kemudian, rendang kemasan ini Gufron titipkan di super market besar. Tetapi ia tak kuat dengan pembayaran 1,5 bulan.

Baca Juga: Dear Milenial, Kolaborasi Memang Penting, Tapi Putri Tanjung Ingatkan Hal Ini Lebih Penting!

Oleh karena itu, Gufron ingin memiliki bisnis dengan pendapatan cash karena ia sedang 'hijrah' dan tidak ingin memiliki utang di bank. Hingga akhirnya Gufron bertemu dengan salah satu pendiri Warunk Upnormal dan ia diajarkan untuk membentuk organisasi agar bisnisnya terus besar dan bertumbuh.

Gufron pun kemudian menghubungi teman-temannya, Daman, Feri, dan Sigit untuk bergabung dengannya mendirikan HAUS. Gufron mengatakan bahwa Daman dan Feri adalah orang kantoran yang terbiasa di AC, bahkan Daman memiliki posisi yang bagus dengan pendapatan Rp70 juta per bulan. Sementara Sigit adalah seseorang yang tengah kepepet karena terlilit utang. Menurut Gufron, seseorang yang sedang kepepet akan melakukan apa saja.

Lebih lanjut, Gufron menjelaskan bahwa HAUS berawal dari Product Market Fit terlebih dahulu. HAUS! pun terbentuk dengan target pasar kelas C yaitu pasar middle ke bawah dengan range harga Rp5 ribu sampai Rp15 ribu.

Padahal, bahan baku yang dipakai sama dengan minuman-minuman yang dijual di mall. Karena harganya yang murah, Gufron pun mengaku bahwa HAUS! fokus pada jumlah penjualan.

Adapun toko pertama HAUS! berdiri di Kemanggisan dengan Kampus Binus. Di sana juga bersinggungan dengan rumah penduduk. Gufron mengaku ingin melihat siapa yang lebih banyak membeli produknya.

Oleh karena itu selama dua bulan, semua pendiri ada di tempat untuk menjadi kasir, menyebarkan flyer hingga membuat minuman untuk customer. Setelah dua bulan terlihatlah kebanyakan pembeli berasal dari rumah penduduk, terutama anak-anak kecil.

Setelah toko pertama, toko kedua pun berdiri dan hanya membutuhkan waktu 4 bulan saja untuk balik modal sebesar Rp150 juta.

Nama HAUS! sendiri dibuat agar produk minuman yang dikembangkan bisa bervariasi, tak sebatas teh atau kopi atau boba saja. Gufron paham betul produk minuman akan selalu ada masa-masa trennya.

"Apapun yang lagi hits, kita ada dengan bahan baku yang berkualitas," ujar Gufron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement