Pemkab Pamekasan Bantu Korban Kebakaran

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Pamekasan Bantu Korban Kebakaran (ilustrasi).
Pemkab Pamekasan Bantu Korban Kebakaran (ilustrasi). | Foto: Antara/Muhammad Iqbal

REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN -- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, memberikan bantuan kepada tiga kepala keluarga yang rumahnya terbakar sekitar pukul 00.30 WIB, Senin (09/5/2022) pagi.

Bantuan berupa paket sembako, perlengkapan rumah tangga, alat kebersihan, paket sandang, peralatan sekolah, selimut, tikar, makanan siap saji, makanan tambahan gizi itu diserahkan oleh Bupati Baddrut Tamam. "Bantuan ala kadarnya ini mohon diterima, dan kami akan berupaya untuk memperbaiki rumah yang terbakar ini, melalui dana tanggap darurat," ujar bupati.

Sebanyak tiga unit rumah yang dihuni oleh tiga kepala keluarga di Dusun Karang Panasan, Desa Ponteh, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, terbakar, Senin (9/5/2022) sekitar pukul 00.30 WIB akibat sambungan arus pendek listrik.

Kebakaran dua unit rumah yang dihuni oleh 12 jiwa ini, akibat terjadi sambungan arus pendek pada plafon rumah tersebut di rumah milik Sumyani. Api selanjutnya menjalar ke rumah milik Susmiyati yang bersebelahan dengan rumah Sumyani, dan dalam hitungan menit, api menghanguskan seisi rumah.

Baca Juga

Warga sekitar sudah berupaya memadamkan kobaran api, akan tetapi tiupan angin yang berhembus dengan kencang tidak mampu memadamkan kobaran api. Api baru berhasil dijinakkan tiga jam kemudian, yakni sekitar pukul 03.15 WIB, setelah tim pemadam dibantu polisi, TNI, dan personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta masyarakat sekitar berjibaku memadamkan kobaran api.

Selain menghanguskan seisi rumah, satu unit sepeda motor dan satu unit sepeda gunung juga yang ada di dua rumah itu juga terbakar. "Sepeda motor itu yang menyebabkan kobaran api cepat membesar, sehingga tim kesulitan untuk segera menjinakkan kobaran api," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono.

Berdasarkan catatan BPBD Pemkab Pamekasan, musibah kebakaran yang meludeskan dua unit rumah di Dusun Karang Panasan, Desa Ponteh, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Senin (9/5/2022) itu merupakan kali kedua dalam dua bulan terakhir ini.

Sebelumnya pada 5 April 2022, sebuah gudang penyimpanan kayu di Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur juga ludes terbakar karena sambungan arus pendek listrik. Tiga unit mobil dan empat sepeda motor yang tersimpan di dalam gudang itu juga ludes terbakar. "Dan alhamdulillah dari dua musibah kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa," kata Budi, menjelaskan.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Rumah Warga di Cakung Terbakar Saat Ditinggal Silaturahim

Sembilan Orang Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Gerobak Terbakar

Pascakebakaran Bangunan SDN 164 Kota Jambi

Bobby Nasution: Sembilan Keluarga Korban Kebakaran Medan Rayakan Lebaran

Yayasan Erick Thohir Adakan Aksi Social Healing untuk Korban Kebakaran Pasar Gembrong

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark