Senin 09 May 2022 23:27 WIB

Menteri Kebudayaan Korea Selatan Dukung BTS Bebas Wajib Militer

BTS dianggap bisa bebas wajib militer karena sudah promosikan Korsel di luar negeri.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
BTS dianggap bisa bebas wajib militer karena sudah promosikan Korsel di luar negeri.
Foto: EPA-EFE/DAVID SWANSON
BTS dianggap bisa bebas wajib militer karena sudah promosikan Korsel di luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan (Korsel), Hwang Hee, mendorong para personel grup Bangtan Boys (BTS) bisa bebas dari wajib militer. Hwang menyampaikan pendapatnya pada konferensi pers yang belum lama ini digelar.

Menurut Hwang, bintang pop seperti BTS telah berjasa mempromosikan citra Korsel di luar negeri. Itu seharusnya juga dilihat sebagai tindakan pelayanan yang cukup untuk memungkinkan mereka tidak harus melakukan pengabdian negara seperti wajib militer.

Baca Juga

"Tidak ada alasan bidang seni-budaya populer harus dikeluarkan dari ini. Saya  berpikir seseorang harus menjadi suara yang bertanggung jawab pada saat ada pro dan kontra yang saling bertentangan menjelang pendaftaran beberapa anggota BTS," ujar Hwang, dikutip dari laman People, Senin (9/5/2022).

Dalam pandangan Hwang, ini saatnya membuat sistem untuk memasukkan tokoh seni budaya populer sebagai personel seni. Terlebih, selama ini sistem pengecualian telah dijalankan bagi pihak yang telah meningkatkan status nasional berdasarkan keterampilan luar biasa yang dimiliki. 

Daripada wajib militer, keterampilan khusus tersebut dinilainya sudah menjadi kontribusi besar pada negara. Hwang menyebut BTS telah melayani negara melalui musik dan popularitas sehingga mereka layak untuk tidak lagi menjalani wajib militer. Dia berjuang agar BTS dibebaskan dari tugas.

Korsel saat ini mewajibkan semua pria berbadan sehat untuk menjalani wajib militer sekitar dua tahun sebelum mereka berusia 30 tahun. Pada 2020, undang-undang militer sudah diubah untuk menggeser batas usia wajib militer dari 28 tahun menjadi 30 tahun.

Upaya Hwang mendorong BTS dan personel kesenian lain bebas dari wajib militer terlihat dari usaha meloloskan undang-undang di parlemen. Dia mendukung undang-undang yang meresmikan pengecualian (sudah berlaku untuk warga negara "luar biasa" seperti atlet Olimpiade dan musisi klasik papan atas). Meskipun, Hwang mendapat tentangan dari para pria yang sudah menghabiskan waktunya untuk wajib militer.

Sementara, anggota tertua BTS hampir mendekati batas waktu untuk melakoni wajib militer. Jin akan berusia 30 tahun pada bulan Desember. Suga kini sudah berumur 29 tahun, J-Hope 28 tahun, RM 27 tahun, Jimin dan V berusia 26 tahun, serta Jungkook telah berumur 24 tahun.

Pada suatu kesempatan, V mengatakan dia dan para personel BTS lain belum mendiskusikan soal wajib militer secara spesifik. Akan tetapi, dia yakin kewajiban itu akan bisa dilakukan dengan lancar nantinya. Grup yang bakal merilis album baru Proof pada 10 Juni 2022 itu akan melakukan apa yang sudah menjadi kewajiban.

Tahun lalu, Jin menyampaikan wajib militer 2020 adalah tugas penting yang bisa dilakukan untuk negara. Sebisa mungkin dia akan bekerja keras sampai dipanggil menunaikan kewajiban tersebut. Jin mengaku bakal sedih meninggalkan BTS sementara waktu, tetapi akan menonton rekan-rekannya di internet dan menyemangati mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement