Rabu 11 May 2022 05:04 WIB

Hadapi Cuaca Panas, Coba Konsumsi Empat Makanan Ini Agar Tetap Segar

Beberapa makanan bisa dikonsumsi untuk kalahkan rasa tidak nyaman saat cuaca panas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Beberapa makanan bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa tidak nyaman saat cuaca panas.
Foto: Pxhere
Beberapa makanan bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa tidak nyaman saat cuaca panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun manusia tidak dapat mengubah cuaca, tetapi ada upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan sejuk. Mulai dari mengonsumsi makanan tepat, perubahan gaya hidup tertentu, dapat membantu mengelola suhu tubuh kendati dalam cuaca panas sekalipun.

Pakar makanan dan gaya hidup, Dr Siddhant Bhargava berbagi tips untuk mengatasi dampak dari musim panas, seperti dilansir dari Times of India, Selasa (10/5/2022). Beberapa makanan yang bisa dicoba untuk mengalahkan panas, seperti berikut.

Baca Juga

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah musiman musim panas yang paling efektif. Buah ini mengandung 91,45 persen air dan dengan demikian memenuhi kebutuhan air tubuh. Sarat dengan sifat anti-oksidan nya juga memberi efek pendinginan yang luar biasa.

 

2. Alpukat

Dipenuhi dengan asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah tinggi, alpukat membantu menghilangkan panas dan racun dari darah. Buah ini juga mudah dicerna dan tubuhtidak perlu membuat lebih banyak panas untuk mencernanya.

 

3. Curd

Buah curd memberikan efek pendingin pada tubuh. Hal terbaik dari curd adalah punya banyak varian. Kreasikan menjadi buttermilk atau lassi manis dengan menambahkan madu sebagai pengganti gula, paling cocok untuk musim panas.

 

4. Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman musim panas terbaik. Sarat dengan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, air kelapa pada musim panas yang cerah bisa memberi kelegaan yang sangat dibutuhkan dan memberi rasa tenang. Dikemas dengan elektrotipe, air kelapa memiliki sifat pendinginan yang membantu melawan cuaca panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement