Rabu 11 May 2022 00:01 WIB

Minum Air Es Ketika Cuaca Panas Bisa Bikin Pecah Pembuluh Darah Mikro?

Pesan yang beredar di grup Whatsapp menganjurkan tidak minum es saat cuaca panas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Es teh manis. Minum air dingin ketika cuaca panas tentunya terasa menyegarkan.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Es teh manis. Minum air dingin ketika cuaca panas tentunya terasa menyegarkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika suhu udara sedang panas, paling enak memang minum air dingin, apalagi jika rasanya manis. Minuman dingin manis akan terasa sangat menyegarkan sekaligus pelepas dahaga.

Lalu, bagaimana dengan pesan yang beredar di aplikasi percakapan soal bahaya meminum air es saat cuaca panas? Kabarnya, itu akan menimbulkan pecahnya pembuluh darah mikro, bahkan bisa menyebabkan strok.

Baca Juga

Pesan itu mulai beredar saat cuaca di Indonesia sedang panas-panasnya. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hawa panas ini masih akan terasa di berbagai wilayah Indonesia hingga pertengahan Mei 2022.

Narasi yang beredar dalam pesan tersebut menyebutkan bahwa Anda harus bersiap menghadapi gelombang panas. Anda diminta banyak minum dan hindari minum es. Informasi tersebut juga menyarankan untuk minum seteguk demi seteguk, tidak segelas langsung.

"Pada 40 derajat, jangan Anda langsung minum air es. Pembuluh darah mikro bisa meledak," ujar isi pesan tersebut.

Atas beredarnya pesan itu, dokter spesialis penyakit dalam Prasetyo Widhi Buwono mengaku telah membaca dengan detail informasi yang beredar luas di grup-grup WhatsApp tersebut. Menurutnya, isinya lebih ke arah testimoni.

"Banyak yang isinya hoaks," ujar dr Prasetyo yang juga konsultan hematologi-onkologi medik kepada Republika.co.id, Senin (9/5/2022).

Dr Prasetyo menjelaskan bahwa orang bertubuh sehat, yakni tidak ada penyakit yang harus ada pembatasan asupan cairan, minimal perlu minum dua liter air per hari. Itu setara dengan 10 gelas per hari.

Senada, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD mengatakan, informasi dalam pesan itu hoaks atau tidak benar, termasuk mengenai pecahnya pembuluh darah akibat langsung minum air es. Lalu apakah boleh mengonsumsi air dingin atau air soda dingin ketika cuaca panas?

"Tidak ada masalah untuk minum air dingin atau minum soda yang penting orang tersebut tidak ada anjuran untuk tidak minum air dingin karena punya alergi tenggorokan atau tidak boleh minum soda karena sedang sakit maag," ujar Prof Ari ketika dihubungi Republika.co.id, Selasa (10/5/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement