Selasa 10 May 2022 22:21 WIB

Jumlah Pasien ke Puskesmas Andalas Padang Meningkat Pasca Lebaran

Jumlah Pasien ke Puskesmas Andalas Padang Meningkat Pasca Lebaran

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)
Foto: pixabay
Ilustrasi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG-- Kepala Puskesmas Andalas, Kota Padang, Mela Aryati, mengatakan terjadi peningkatan jumlah warga yang berobat ke Faskes tersebut pasca libur lebaran Idul Fitri. Kemarin saja, Senin (9/5/2022) menurut Mela, tercatat ada 100 orang pasien datang berobat.

"Kemarin ada sekitar 100 orang pasien, rata-rata keluhan mereka adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas), seperti tenggorokan gatal atau sakit, bersin, hidung tersumbat atau batuk," kata Mela, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga

Mela menyebut peningkatan jumlah pasien pasca lebaran bukanlah hal yang tidak biasa. Karena selama lebaran masyarakat kurang mengontrol konsumsi makanan dan minuman. Kemudian banyaknya bergerak dan kurang istirahat.

"Apalagi setiap lebaran kita banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, kemudian juga banyak minum es ditambah kurang istirahat, sehingga rentan terkena ISPA," ujar Mela.

Selain itu lanjut Mela, tingginya angka kunjungan hari ini juga disebabkan banyak warga terutama para lansia yang kontrol rutin dan mengambil obat.

Karena Puskesmas libur selama sepekan, terjadi penumpukan pasien berobat seperti kontrol rutin dan mengambil obat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement