Selasa 10 May 2022 22:53 WIB

Pascalebaran, Harga Bahan Pokok di Jambi Stabil

Bertambahnya pasokan bahan pokok menyebabkan harga kembali normal.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Pedagang menunjukkan stok cabai merah dan cabai rawit yang dijual di Pasar Modern Angso Duo, Jambi, Kamis (17/3/2022). Pasca-hari raya Idul Fitri 1443 hijriah 2022, harga sejumlah bahan pokok di pasar-pasar tradisional di Kota Jambi kembali stabil.
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Pedagang menunjukkan stok cabai merah dan cabai rawit yang dijual di Pasar Modern Angso Duo, Jambi, Kamis (17/3/2022). Pasca-hari raya Idul Fitri 1443 hijriah 2022, harga sejumlah bahan pokok di pasar-pasar tradisional di Kota Jambi kembali stabil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Pasca-hari raya Idul Fitri 1443 hijriah 2022, harga sejumlah bahan pokok di pasar-pasar tradisional di Kota Jambi kembali stabil.

"Bertambahnya pasokan bahan pokok menyebabkan harga kembali normal," kata Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Kemas Muhammad Fuad di Jambi, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga

Seperti pasokan cabai rawit hijau yang dari Provinsi Bengkulu dan Jawa Timur menyebabkan harga cabai rawit turun menjadi Rp 30 ribu sampai dengan Rp35 ribu per kilogram. Dimana sebelumnya harga cabai rawit sempat mencapai Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram. Bawang merah yang sebelumnya mencapai Rp 46 ribu per kilogram turun menjadi Rp 32 ribu per kilogram.

Kemudian bertambahnya pasokan cabai merah dari lokal dan dari Provinsi Sumatra Utara, Bengkulu dan Jawa Tengah turut menyebabkan harga cabai merah turun. Rata-rata penurunan harga cabai merah tersebut sebesar Rp 4.000 dari Rp 26 ribu per kilogram turun menjadi Rp 22 ribu per kilogram.

Begitu pula dengan bertambahnya pasokan cabai merah keriting menyebabkan harga cabai itu turun dari Rp 28 ribu per kilogram menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Untuk harga bahan pangan lainnya seperti daging ayam di pasar-pasar tradisional Jambi saat ini per kilogram sebesar Rp38 ribu. Kemudian daging sapi Rp 130 ribu per kilogram dan bawang merah berkisar Rp 32 ribu sampai dengan Rp 36 ribu per kilogram disesuaikan dengan kualitas bawang.

Pedagang di Pasar Angso Duo Jambi Susi mengatakan harga sejumlahbahan pangan di pasar tersebut mulai kembali normal pada H+5 hari raya Idul Fitri. "Pada H+2 sampai dengan H+4 permintaan bahan pangan meningkat sementara pasokan terbatas, sehingga harga bahan pangan mengalami kenaikan," kata Susi.

Sementara itu bahan pangan untuk jenis sayur mayur seperti wortel, tomat, brokoli, kentang dan buncis tidak mengalami kenaikan dan penurunan harga. Sejak sebelum hari raya sampai dengan setelah hari raya Idul Fitri harga bahan pangan tersebut tetap stabil.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَالْمُطَلَّقٰتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلٰثَةَ قُرُوْۤءٍۗ وَلَا يَحِلُّ لَهُنَّ اَنْ يَّكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللّٰهُ فِيْٓ اَرْحَامِهِنَّ اِنْ كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ وَبُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ بِرَدِّهِنَّ فِيْ ذٰلِكَ اِنْ اَرَادُوْٓا اِصْلَاحًا ۗوَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِيْ عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوْفِۖ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ ۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ ࣖ
Dan para istri yang diceraikan (wajib) menahan diri mereka (menunggu) tiga kali quru'. Tidak boleh bagi mereka menyembunyikan apa yang diciptakan Allah dalam rahim mereka, jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhir. Dan para suami mereka lebih berhak kembali kepada mereka dalam (masa) itu, jika mereka menghendaki perbaikan. Dan mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut. Tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. Al-Baqarah ayat 228)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement