Rabu 11 May 2022 15:26 WIB

Cuaca Panas, Warga Bintan Diserukan Waspadai Serangan Buaya di Sejumlah Lokasi

Saat cuaca panas, buaya kerap naik ke permukaan rawa hingga tepian sungai.

Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah pekerja memasukan seekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang baru dievakuasi di kebun bintang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (10/12/2018). Warga Bintan diserukan untuk mewaspadai kemunculan buaya saat cuaca panas.
Foto: Antara/Hadly V
Sejumlah pekerja memasukan seekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang baru dievakuasi di kebun bintang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (10/12/2018). Warga Bintan diserukan untuk mewaspadai kemunculan buaya saat cuaca panas.

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN -- Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan, sejumlah kecamatan di daerah itu rawan serangan buaya muara. Kecamatan Bintan Timur dan Kecamatan Toapaya termasuk salah satunya.

"Ada sejumlah titik tempat buaya biasa ditemukan, di antaranya Wacopek, Kelurahan Sei Lekop, Kijang Kota, dan SPBU Pertamina Kijang," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas Pemadam Kebakaran (UPTD Damkar) Bintan Timur Nurwendi di Bintan, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga

Menurut Nurwendi, semua lokasi tersebut rawa-rawa, sehingga menjadi salah satu habitat buaya. Nurwendi mengatakan dalam beberapa pekan terakhir didapati tiga ekor buaya muncul di daerah Bintan Timur.

Saat cuaca panas, buaya kerap naik ke permukaan rawa hingga tepian sungai untuk berjemur. Keberadaan reptil bertubuh besar itu meresahkan warga sekitar karena lokasi kemunculannya tak jauh dari pemukiman penduduk.

Oleh karena itu, pihaknya meningkatkan pengawasan rutin ke lokasi-lokasi rawan buaya tersebut agar tidak sampai memangsa ternak warga apalagi manusia. Bahkan, upaya menangkap buaya dengan cara memakai alat pancingan umpan daging ayam/ikan terus dilakukan, guna memancing hewan yang hidup di lingkungan air itu keluar ke permukaan.

"Kami terus berusaha namun belum berhasil, karena buaya ini sangat cepat pergerakannya, apabila jumpa manusia pasti langsung lari," ungkap dia.

Senada, Kepala UPTD Damkar Toapaya Makmur menyampaikan di wilayahnya juga terdapat beberapa titik rawan buaya, antara lain Sungai Lintas Barat di Kilometer 16, Sungai Tiram, Sungai Kapur, Sungai Tembeling, dan Sungai Kawal. Menurut Makmur, keberadaan buaya tersebut sudah sangat mengkhawatirkan warga setempat, apalagi setelah insiden seorang bocah SMP tewas diterkam buaya di Sungai Lintas Barat pada akhir bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Namun demikian, tak banyak upaya yang bisa dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi kemunculan buaya di daerah tersebut. Pihaknya terus mengimbau warga selalu waspada dengan mengurangi aktivitas di sungai rawan buaya, terutama saat malam hari di mana hewan itu biasa naik ke permukaan.

"Kami juga minta camat, lurah, hingga RT/RW supaya mengawasi ketat aktivitas warganya di sungai-sungai rawan buaya," ucap Makmur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement