Rabu 11 May 2022 22:42 WIB

Jumlah Transaksi BTC Seminggu Terakhir Melonjak, Investor Hindari Risiko Portofolio

Jumlah transaksi BTC telah melonjak selama seminggu terakhir, Glassnode tunjukkan adanya transaksi mendesak karena investor tidak mengambil risiko.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Bitcoin in one hand. (Unsplash/Executium)
Bitcoin in one hand. (Unsplash/Executium)

Jumlah transaksi pada jaringan Bitcoin (BTC) telah melonjak selama seminggu terakhir, dengan perusahaan analisis blockchain Glassnode menunjukkan bahwa mereka melihat transaksi "mendesak" karena investor tidak mengambil risiko.

Masuk dengan tiba-tiba 42.800 transaksi menghantam mempool pada Bitcoin minggu lalu. Kepala analis Glassnode mengatakan ini kemungkinan transaksi "mendesak" karena tingginya jumlah biaya yang dibayarkan per transaksi.

Baca Juga: Simpan BTC di Bursa Sebabkan Penurunan Harga? Ini Respons Platform Perdagangan Kripto

Biaya rata-rata naik menjadi 2,72 dolar minggu lalu, sekitar 15% lebih tinggi dari rata-rata rata-rata, menurut BitInfoCharts pelacak data on-chain. Temuan ini dilaporkan dalam laporan "Week On-chain" Glassnode hari Senin lalu (9/5/2022).

Mempool pada jaringan blockchain adalah tempat transaksi dikirim sebelum dikonfirmasi dalam blok. Semakin tinggi biaya yang dibayarkan pada transaksi, semakin tinggi kemungkinan itu akan dipilih di depan orang lain.

Baca Juga: SBI Motor Japan Umumkan Pembayaran Mobil Bekas Menggunakan BTC dan XRP

Glassnode menulis bahwa investor membayar biaya yang lebih tinggi dari rata-rata kemungkinan akan memprioritaskan tawaran mereka untuk mengurangi risiko portofolio mereka atau menambahkan jaminan ke posisi margin mereka, karena harga BTC telah turun 19% selama tujuh hari terakhir.

Lebih dari 15% biaya yang dibayarkan untuk transaksi on-chain berkorelasi dengan nilai tukar, dan ini hanya lebih tinggi pada Mei 2021 selama periode aksi jual berat lainnya.

Arus masuk BTC ke bursa melampaui arus masuk untuk sebagian besar tahun 2022. Namun, itu berubah minggu lalu, karena ada lebih dari 50 juta dolar lebih banyak arus masuk daripada arus keluar.

Glassnode mengatakan jumlah total volume terkait pertukaran hanya melampaui Oktober dan November lalu dan cocok dengan puncak pasar bull 2017 pada akhir Desember dan awal Januari 2018.

Baca Juga: Glassnode: Investor Paus Nampaknya Akan Cari Keuntungan di Tengah Penurunan Pasar

Glassnode juga mencatat bahwa akumulasi BTC telah berada pada tren rendah sejak pertengahan April. "Udang," yang memegang kurang dari seluruh Bitcoin, adalah akumulator terbesar dari setiap kelompok dompet hingga investor paus selama seminggu terakhir, tetapi bahkan kekuatan akumulatif mereka lemah dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya tahun ini.

Distributor terbesar, atau penjual, adalah mereka yang berada di kelompok tertinggi yang memegang setidaknya 10.000 koin.

Baca Juga: Aksi Jual Kemarin Bawa Pasar Kripto ke Posisi Terendah, BTC Kini Bersiap untuk Bearish

Menurut Glassnode, distribusi telah lebih tinggi dari akumulasi hingga sebagian besar tahun 2022. Namun, akumulator terbesar adalah mereka yang memegang kurang dari satu BTC hingga mereka yang memegang 10.

Dengan total biaya yang dihabiskan pada tingkat tinggi lokal karena investor segera mencoba untuk keluar dari posisi yang lebih fluktuatif, tampaknya pasar Bitcoin dapat melanjutkan "jalan berbatu" mereka menuju kapitulasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement