Kamis 12 May 2022 13:08 WIB

Morgan Stanley: Pertumbuhan Ekonomi Global 2022 Bisa Kurang dari Setengah 2021

Morgan Stanley memperkirakan pertumbuhan global 2022 berada pada 2,9 persen.

Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Foto: pixabay
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Morgan Stanley memperkirakan pertumbuhan ekonomi global tahun ini kurang dari setengah tahun lalu, karena risiko konflik Rusia-Ukraina dan lonjakan Covid-19 di China bahkan ketika bank sentral memperketat kebijakan moneter untuk mengendalikan rekor inflasi tinggi. Perusahaan pialang ini memperkirakan pertumbuhan global berada pada 2,9 persen, sekitar 40 basis poin di bawah konsensus, dibandingkan dengan pertumbuhan 6,2 persen pada tahun 2021, pada basis tahun-ke-tahun.

"Perlambatan bersifat global, didorong oleh kombinasi dari melemahnya dorongan fiskal, pengetatan kebijakan moneter, hambatan berkelanjutan dari Covid, friksi rantai pasokan yang terus-menerus, dan, yang terbaru, dampak dari invasi Rusia ke Ukraina," tulis ekonom Morgan Stanley dalam sebuah catatan tertanggal Selasa (10/5/2022).

Baca Juga

Harga-harga komoditas dan minyak telah meroket setelah Rusia ditampar dengan sanksi Barat atas invasinya ke Ukraina, memperburuk tekanan inflasi secara global dan mendorong pemerintah-pemerintah dan bank-bank sentral untuk menilai kembali kebijakan moneter mereka.Pengekangan Covid-19 China yang lebih ketat telah menghentikan produksi pabrik dan menghambat permintaan domestik, berdampak pada ekonominya dengan pertumbuhan ekspor melambat ke level terlemah dalam hampir dua tahun.

Dengan resolusi krisis Ukraina yang tampaknya tidak mungkin dan bank sentral global sudah berusaha memperlambat pertumbuhan untuk menjinakkan inflasi, ekonom Morgan Stanley memperkirakan kenaikan pertumbuhan ekonomi akan terbatas. Pekan lalu, bank sentral AS dan Inggris bergabung dengan ekonomi utama lainnya untuk menaikkan suku bunga dalam upaya mengatasi lonjakan inflasi. 

Morgan Stanley mengatakan pertumbuhan global yang lebih lambat berbasis luas, dan hanya dua ekonomi utama di mana perusahaan pialang itu tidak melihat perlambatan substansial adalah Jepang dan India."Kami sekarang tidak melihat PDB global kembali ke tren pra-Covid dalam periode perkiraan," tambah pialang itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement