Kamis 12 May 2022 13:59 WIB

Bus Wisata Angkut 56 Ribu Penumpang Selama Libur Lebaran

PT Transjakarta mengoperasikan bus wisata gratis pada 3-11 Mei 2022.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang memotret saat menaiki bus wisata yang dioperasikan PT Transjakarta di Jakarta, Selasa (10/5/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penumpang memotret saat menaiki bus wisata yang dioperasikan PT Transjakarta di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transprotasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan, armada bus wisata mengangkut lebih dari 56 ribu wisatawan selama libur Lebaran 1443 Hijriah atau pada 3-11 Mei 2022. Pemprov DKI Jakarta memiliki sejumlah program untuk warga mengisi libur panjang Lebaran, salah satunya wisata dengan menumpangi bus wisata.

"Transjakarta berharap layanan yang kami hadirkan bisa memberi kenangan indah pada masa Libur Lebaran," kata Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR Transjakarta Iwan Samariansyah di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Iwan menjelaskan, antusiasme yang besar itu berlanjut dengan permintaan masyarakat untuk meneruskan operasional layanan bus wisata. Layanan bus wisata sebelumnya tidak beroperasi sementara guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di sektor transportasi publik, khususnya Transjakarta.

"Kami akan melakukan evaluasi terlebih dahulu dari berbagai sisi. Mengingat Jakarta masih berada di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), aspek protokol kesehatan menjadi poin penting yang harus dikaji guna memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan," kata Iwan.

PT Transjakarta mengoperasikan bus wisata bertarif gratis pada 3-11 Mei 2022. Transjakarta menyediakan dua rute bus wisata yakni Jakarta Modern (BW2) dengan rute Juanda Istiqlal (PP) dan Pencakar Langit (BW4) dengan rute IRTI Monas (PP). Adapun rute yang dilayani yakni rute Jakarta Modern pukul 10.00-21.00 WIB dan rute Pencakar Langit pukul 10.00-20.00 WIB.

Transjakarta menyediakan delapan unit bus dengan kapasitas maksimal masing-masing 80 penumpang. Iwan menjelaskan, bus itu memiliki desain ramah untuk pelanggan termasuk disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement