Jumat 13 May 2022 10:43 WIB

Jokowi Hadiri Jamuan Santap Malam dengan Presiden AS

KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Para pemimpin dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berpose dengan Presiden Joe Biden dalam foto bersama di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, Kamis, 12 Mei 2022.
Foto: AP/Susan Walsh
Para pemimpin dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berpose dengan Presiden Joe Biden dalam foto bersama di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, Kamis, 12 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/5) malam waktu setempat (WS).

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden pada Jumat (13/5/2022) pagi, Presiden Jokowi berangkat dari Hotel Ritz-Carlton menuju Gedung Putih dan tiba sekitar pukul 17.20 WS.
 
Jokowi langsung disambut oleh Presiden Biden dan kemudian bersalaman, berfoto bersama, serta menandatangani buku tamu kenegaraan. Setelahnya, Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional.
 
Jokowi lalu menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam. Dalam jamuan santap malam tersebut, Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. 
 
Dalam statement pengantar toast, Jokowi menyebut KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.
 
"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," ujar Jokowi.
 
Sekitar pukul 20.00 malam, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca Juga

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement