Muhammadiyah Desak Pemerintah Atasi Wabah PMK

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu | Foto: Republika/Idealisa masyrafina

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menginfeksi hewan ternak dikhawatirkan akan berpengaruh pada kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti meminta agar pemerintah segera mengatasi hal ini sebelum membawa dampak pada suplai hewan kurban.

"Kami mengimbau kepada Pemerintah khususnya Kementan untuk segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar persoalan yang sekarang ini teratasi. Memang kasusnya masih kecil, tetapi penyebarannya bisa sangat cepat dan luas karena ini virus," ujar Abdul Mu'ti saat ditemui usai acara Silaturahmi dan Halal Bihalal di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (13/5/2022).

Ia mengkhawatirkan, jika tidak segera diatasi, persoalan kesehatan hewan kurban ini dapat menimbulkan dampak psikologis dan politis kepada masyarakat. Apalagi sudah ada yang berspekulasi bahwa wabah PMK ini permainan importir, di mana sapi tidak sehat menjadi alasan pemenuhan hewan kurban kelompok tertentu untuk mengimpor sapi dari luar negeri.

"Tanggung jawab pemerintah dan kita juga dengan cara masing-masing bisa membantu bagaimana persoalan PMK bisa teratasi hingga umat Islam dapat melaksanakan ibadah kurban dan menyembelih hewan kurban yang sehat sesuai dengan ajaran Islam," kata Mu'ti.

Sementara itu di Kabupaten Banyumas telah ditemukan tiga sapi perah terindikasi virus PMK. Ketiga sapi tersebut telah disembelih dan sampelnya dikirim ke Balai Besar Veteriner Wates, Yogyakarta untuk kepastian infeksi.

Terkait


PMK Meluas, Pakar Duga Ada Impor Ilegal Hewan Berkuku Belah

Temanggung Larang Masuk Hewan Ternak dari Luar Daerah Tanpa SKKH

Kediri Perketat Lalu Lintas Penjualan Hewan untuk Antisipasi PMK

Pemprov Kepri Larang Pemesanan Hewan Ternak dari Daerah Wabah PMK

Ini Langkah Cepat Kementan Atasi PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark